Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setara Galaxy Note 20, Inilah Spesifikasi Mewah Sony Xperia 1 II yang Siap Beradu Saing

 

spesifikasi sony experia1 II

Setara Galaxy Note 20, inilah spesifikasi mewah Sony Xperia1 II yang siap beradu saing - Keberadaan smartphone flagship saat ini sudah mulai menguasai pasar smartphone dari segala lini. Pasalnya, smartphone flagship memiliki spesifikasi yang sangat menunjang produktivitas para penggunanya. Apalagi mengingat di masa sekarang bahwa ponsel telah menjadi kebutuhan primer, maka tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong mengupgrade ponselnya menjadi smartphone flagship.

Kita ambil contoh salah satunya Samsung Galaxy Note 20 yang baru-baru ini diluncurkan dan masih sangat hangat diperbincangkan. Sebagai salah satu smartphone flagship, Samsung Galaxy Note 20 hampir mengalahkan banyak smartphone lainnya yang lebih dulu ada di pasar smartphone. Namun, beberapa brand smartphone lainnya tidak ingin ketinggalan dan semakin menunjukkan keeksisan di dunia gagdet dengan menciptakan smartphone flagship yang setara dengan Samsung Galaxy Note 20.

Sebut saja brand terkenal Sony. Selain memiliki brand yang sudah ternama di seluruh penjuru dunia, Sony pun semakin gencar meningkatkan kualitas dan kuantitas smartphone dari segala sisi. Untuk bisa bersaing dengan brand smartphone lainnya, Sony menciptakan salah satu smartphone andalannya, yakni Sony Xperia 1 II yang resmi diluncurkan ke Indonesia sejak bulan Februari lalu.

Keberadaan Sony Xperia 1 II pun menjadi saingan berat bagi brand smartphone lain. Sebab selain digandrungi banyak peminat, Sony Xperia 1 II pun berhasil mencapai target pemasaran saat peluncuran pertamanya. Penasaran seperti apa spesifikasi dari Sony Xperia 1 II? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Ukuran dan resolusi layar yang gagah

layar sony experia1 II

Sony Xperia 1 II hadir dengan layar berpanel OLED 4K serta rasio aspek 21:9. Berbeda dengan smartphone lainnya, Sony melewatkan layar refresh rate yang tinggi dan memilih untuk menerapkan Motion Blur Reduction. Pihak Sony sendiri mengklaim sangat cocok dengan manfaat tampilan 90Hz yang mampu menganalisis apa yang ada di dalam layar dan menyesuaikan masing-masing bingkai untuk mengurangi kelambatan bingkai.

Ukuran layar 6,5 inci serta sudah dilengkapi dnegan proteksi Corning Gorilla Glass 6, membuat Sony Xperia 1 II mampu memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Selain itu, Sony Xperia 1 II memiliki resolusi layar 1644 x 3840 piksel (kepadatan ~643 ppi). Dalam hal ini, Sony Xperia 1 II bisa dikatakan cukup mewah perihal keunggulan ukuran dan resolusi layar.

2. Disenjatai prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 865 5G

processor sony experia1 II

Sebagai smartphone terbaru, Sony melengkapi Xperia 1 II dengan teknologi CPU terbaru pula, yakni prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 865 5G. Seperti yang diketahui bahwa prosesor ini memiliki kecepatan performa yang baik dan mampu menunjang dapur pacu smartphone agar lebih unggul.

Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 20, teknologi chipset yang terdapat pada Sony Xperia 1 II ini memiliki performa yang hampir setara. Dari segi harga pun keduanya dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda. Bahkan, banyak orang menyebut bahwa kemunculan Samsung Galaxy Note 20 baru-baru ini menjadi saingan sangat berat bagi Sony Xperia 1 II.

3. Kekuatan baterai 4000 mAh

kekuatan baterai sony experia1 II

Beralih ke sisi kekuatan baterai. Sony Xperia 1 II dilengkapi dengan kekuatan baterai yang lumayan besar, yakni 4000 mAh. Tidak hanya itu, smartphone flagship yang satu ini telah dilengkapi dengan fitur fast charging 21W yang siap bekerja dengan optimal. Pihak Sony sendiri pun telah mengklaim bahwa penggunanya tidak perlu menghabiskan waktu yang lama saat hendak men-chargernya.

Sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy Note 20 yang memiliki fitur fast charging 25W. Memang bisa dibilang hampir setara, akan tetapi dari segi kekuatan baterai pun Samsung Galaxy Note 20 memiliki kelebihan lebih unggul, yakni 4300 mAh. Terlepas dari semua itu, masing-masing brand smartphone memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing.

4. Fitur kamera belakang yang tajam

fitur kamera sony experia1 II

Sony Xperia 1 II memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP dengan lensa f/1.7 dan OIS, kamera telephoto yang beresolusi 12 MP 3x zoom berlensa f/2.4 OIS, serta kamera ultra yang beresolusi 12 MP f/2.2. Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8 MP dengan lensa f/2.0.

Perlu diketahui, bahwa fitur utama dari Sony Xperia 1 II ini adalah jajaran tiga kamera 12 megapikselnya, yang menurut Sony dapat memotret hingga 20 fps dalam mode burst, membuat perhitungan AF/AE hingga 60 kali per detik, serta fokus otomatis pada mata manusia dan binatang untuk bidikan potret.

Hal menarik lainnya, smartphone flagship ini dilengkapi dengan aplikasi Photography Pro dan Cinematography Pro, yang mampu memberi penggunanya lebih banyak kontrol manual atas pengaturan kamera untuk foto dan video seperti hal nya dikutip The Verge.


Bahkan, banyak orang telah menyebut bahwa Sony Xperia 1 II sangat cocok untuk penggunanya yang gemar berfoto ria atau selfie. Bukan tanpa sebab, melainkan karena kamera yang dimiliki Sony Xperia 1 II merupakan salah satu kamera terbaik di lini smartphone flagship tahun ini.

5. Mendukung sistem operasi terbaru

sony experia1 II menggunakan sistem operasi terbaru

Sama hal nya dengan smartphone baru lainnya, Sony Xperia 1 II pun dibekali dengan sistem operasi terbaru, yakni Android 10. Untuk ukuran smartphone flagship, hal ini memang bisa dibilang wajar. Karena dengan sistem Android 10 bisa mengimbangi dapur pacu lainnya.

Apalagi mengingat banyaknya kelebihan dari sistem operasi Android 10, seperti mempunyai sistem privasi yang lebih canggih, adanya fitur dark mode, fitur SharingShortcuts, dan beberapa kelebihan lainnya. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang terhadap smartphone yang telah support sistem operasi Android 10.

6. RAM dan penyimpanan internal yang luas

RAM sony experia1 II

Dari sisi RAM dan penyimpanan internal, Sony Xperia 1 II memiliki ukuran yang cukup luas. Bahkan, setara dengan Samsung Galaxy Note 20. Dilengkapi dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 256GB, membuat Sony Xperia 1 II berhasil menggaet banyak peminat mulai dari peluncuran pertamanya hingga beberapa bulan ke depan.

Dibanderol dengan harga Rp18 juta, dalam hal ini Sony Xperia 1 II bisa dibilang cukup worth it untuk dijadikan sebagai perangkat ponsel dalam menemani kegiatan sehari-hari. Penyimpanan internal yang sangat luas membuat penggunanya mampu menyimpan atau mengunduh aplikasi apa saja dalam jumlah yang banyak.

7. Beberapa fitur menarik lainnya

fitur sony experia1 II

Fitur-fitur menarik seperti hotspot/tethering, GPS, bluetooth, OIS, flash, fingerprint scanner, NFC, triple cameras, 3.5mm, headphone jack, dan water-resistant menjadi spesifikasi pelengkap bagi Sony Xperia 1 II sebagai salah satu smartphone flagship terbaik di kelasnya.

Memang bukanlah sesuatu yang istimewa, sebab smartphone lainnya pun memiliki beberapa fitur menarik lainnya yang bisa ditemui di Sony Xperia 1 II. Namun, jika dibandingkan dari segala sisi, Sony Xperia 1 II berani beradu saing dengan smartphone lainnya. Apalagi spesifikasinya yang hampir setara dengan Samsung Galaxy Note 20, sudah dipastikan bahwa Sony Xperia 1 II akan menjadi smartphone incaran dan kekinian selama tahun 2020.