Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Garansi Apple Dengan Langkah Paling Simple Dan Terbaru

cara mengecek garansi apple


Maraknya kasus kriminal yang terjadi akhir-akhir ini di dunia teknologi menuntut kita untuk senantiasa meningkatkan kehati-hatian terhadap segala sesuatu yang kita lakukan. Salah satunya saat hendak membeli iPhone. Berbagai sisi harus diperhatikan lebih jeli, terutama dari segi pengecekan garansi Apple.

Sebab semua orang pasti tidak ingin mendapatkan produk Apple yakni iPhone jenis rekondisi atau istilahnya iPhone yang sudah tidak bergaransi. Hal-hal tersebut tentu sangat jelas merugikan pembeli. Oleh karenanya, baik kamu ataupun orang-orang di luar sana harus mengetahui bagaimana cara cek garansi Apple sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Tips Cerdas Ketika Membeli iPhone

Namun, sebelum beranjak pada ulasan bagaimana cara mengecek garansi Apple, langkah lebih baiknya kamu harus mengetahui tahapan yang lebih penting dari itu, yakni beberapa tips cerdas saat membeli iPhone. Tujuannya tidak lain untuk terhindar dari produk Apple yang sudah tidak bergaransi.

1. Pastikan melakukan pembelian produk Apple secara offline di toko virtual atau bisa juga di distributor resmi Apple

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penipuan yang terjadi saat pembelian iPhone. Sebab, mengingat pembelian secara online memiliki tingkat risiko lebih tinggi, maka usahakan untuk secara langsung mendatangi distributor resmi Apple maupun toko virtual smartphone terpercaya.

2. Lakukan pembukaan dusbook di toko tempat kamu membeli iPhone, agar dapat dicek keasliannya langsung

Kebanyakan orang menyepelakan hal ini, sehingga mereka lupa bahwa lolosnya kasus penipuan pembelian handphone terjadi karena hal sepele yang tidak diketahuinya. Maka dari itu, untuk dapat terhindar dari iPhone rekondisi, lakukanlah pembukaan dusbook di toko tempat kamu membeli iPhone. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat dicek bersama-sama dengan petugas toko tersebut. Dengan inilah kamu dapat mengecek keaslian dari produk Apple yang kamu beli.

3. Cocokkan IMEI yang ada di body iPhone dengan IMEI yang ada di sistem dan dusbook

Proses pencocokan nomor IMEI ini dengan sangat pasti mengecek keaslian dan memastikan apakah iPhone yang kamu beli masih bergaransi atau tidak. Oleh karenanya, sangat penting melakukan pembelian secara offline. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau tidak dimengerti, kamu pun bisa langsung menanyakannya pada petugas toko tersebut.

4. Periksa garansi iPhone beserta cek kartu garansi yang telah terlampir di dalam dusbook

Pengecekan kartu garansi merupakan hal yang sangat penting untuk lebih memastikan apakah iPhone tersebut masih bergaransi atau tidak. Biasanya untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mengecek kartu garansinya yang telah terlampir di dalam dusbook.

Sementara untuk pemeriksaan garansi iPhone, maka terlebih dahulu kamu harus mengetahui bagaimana cara akurat cek garansi Apple. Dan untuk mengetahuinya, penjelasan di bawah ini akan membawamu pada ruang pembahasan mengenai cara cek garansi Apple dengan mudah.

Cara Cek Garansi Apple

cara mengecek garansi apple


Setelah mengetahui tips cerdas ketika membeli iPhone, maka langkah inti selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mudah dan cepat cek garansi Apple.

1. Buka menu ‘Settings’ di iPhone

Pertama-tama, pergilah ke menu 'Settings' di iPhone. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa segalanya tentang ponsel berada tepat di menu 'Settings'.

2. Pilih menu ‘General’

Banyaknya pilihan pada menu 'Settings' mengharuskan kamu dengan teliti memilih menu 'General' untuk bisa sampai pada tahap selanjutnya.

3. Lanjutkan dengan memilih ‘About’

Nah, di steps inilah ibarat 'pintu' yang akan mengantarkanmu pada proses lebih inti dari pengecekan garansi Apple selanjutnya. Di bagian 'About' ini, segalanya tentang ponsel akan terlihat lebih jelas dan spesisifik. Dan yang paling penting adalah layar ponsel akan menampilkan serial number dari iPhone tersebut.

4. Kunjungi Situs ini  dan ketikan serial number iPhone-mu

Di situs resmi support Apple ini kamu bisa memilih produk Apple yang cocok untuk pengecekan garansi iPhone ataupun yang lainnya. Dan setelah berhasil masuk situs tersebut, kamu tinggal memasukan serial number iPhone yang telah kamu ketahui sebelumnya di menu 'Settings - General - About'.

5. Setelah memasukkan nama negara, pilihlah tulisan ‘See your service and support coverage’ pada menu Service and Repair

Sebelum bisa sampai di tahap terakhir, kamu harus mengisi opsi identitas berupa 'negara'. Jika sudah, maka pilih tulisan ‘See your service and support coverage’ pada menu Service and Repair. Steps bagian ini merupakan perintah atau permintaan untuk menampilkan layanan dan cakupan terhadap iPhone-mu.

6. Finally, layar akan menampilkan detail status dari garansi iPhone yang kamu miliki

Pada akhirnya, kamu akan melihat berbagai ragam informasi mengenai perangkat iPhone yang kamu miliki. Baik itu dari segi tanggal pembelian sampai pada masa berlaku garansi iPhone. Namun, di cara terakhir ini kamu harus lebih jeli dan teliti. Jika ternyata masa garansinya sudah habis padahal kamu baru saja membelinya, maka sudah dipastikan bahwa iPhone yang kamu beli adalah iPhone rekondisi (sudah tidak bergaransi) atau iPhone yang kamu beli tersebut bukan merupakan iPhone resmi/asli.

Penggunaan iPhone di berbagai penjuru dunia memiliki persentase yang cukup tinggi. Meskipun harganya yang mahal, akan tetapi handset yang dimilikinya pun berada di kelas menengah ke atas. Maka dari itu, karena harganya yang mahal tersebut, kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana cara mengecek garansi produk Apple tersebut. Pastikan keaslian atau ke-orisinalitasnya dengan cara mengikuti langkah-langkah akurat cara cek garansi Apple di atas.