Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan (Deactivate) Instagram Sementara dan Beberapa Penjelasan Lainnya

 

cara deactive instagram

Instagram, begitulah namanya. Sebuah aplikasi sosial media yang sangat populer di berbagai penjuru dunia, khususnya di kalangan anak muda. Bagi mereka yang telah menggunakan Instagram sejak lama pasti sudah tahu apa saja pembaharuan pada beberapa fitur-fitur yang telah ada sebelumnya, mulai dari tampilan beranda yang berbeda, menu-menu yang berbeda, hingga munculnya fitur baru.

Namun, di balik popularitasnya yang semakin ke sini semakin tinggi, pernahkah kamu membayangkan sekilas saja untuk menonaktifkan sementara atau deactivate akun Instagram? Entah karena merasa terganggu dengan adanya iklan-iklan di dalamnya atau bahkan kamu ingin 'puasa' sosial media untuk menenangkan hati dan pikiranmu.

Jika sebelumnya kamu pernah berkeinginan seperti itu, maka di artikel kali ini Sabineblog.com akan membahas tuntas cara deactivate akun Instagram dengan mudah.

Perlu diketahui, berbeda dengan menghapus akun Instagram secara permanen, deactivate akun Instagram justru memberimu kesempatan penuh untuk beristirahat sejenak dari Instagram tanpa harus khawatir kehilangan akun atau data-datamu terhapus. Sebab "deactivate" atau menonaktifkan akun Instagram secara sementara hanya menyembunyikan akunmu saja, tidak menghapus akun Instagram selamanya. Dan menariknya, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Kelebihan Menonaktifkan Akun Instagram Secara Sementara (Deactivate)

cara deactive akun instagram sementara

Ada banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kamu petik dari menonaktifkan akun Instagram secara sementara. Mengingat sensitifnya dunia maya, tidak jarang orang-orang merasa stres dan depresi terhadap apa yang ditemukannya di media sosial.

Oleh karenanya, untuk beberapa waktu kamu perlu mengistirahatkan dirimu dari media sosial. Jangan sampai dirimu yang dikendalikan oleh media sosial. Dan berikut di bawah ini kelebihan deactivate akun Instagram.

1. Bisa lebih fokus

Setiap pekerjaan yang kamu lakukan di dunia nyata memerlukan tingkat kefokusan yang tinggi, dan dengan menonaktifkan akun Instagram secara sementara tentu saja akan mempengaruhi bagaimana kinerjamu. Bahkan, kamu pun bisa lebih fokus untuk menikmati hidupmu tanpa dicampuri hal-hal sensitif dari sosial media.

2. Lebih sehat secara emosional

Hal ini tentu sangat jelas terasa. Mereka yang tidak 'haus' akan popularitas di media sosial tentu emosionalnya akan jauh lebih sehat dan lebih santai. Menjaga diri dan pikiran dari hal-hal yang menyebabkan depresi, salah satunya bisa dilakukan dengan deactivate akun Instagram.

3. Lebih sehat secara fisik

Fisikmu akan jauh lebih sehat karena tidak menghabiskan waktu hanya dengan rebahan dan bermain sosial media saja. Ada banyak kegiatan positif lainnya yang bisa kamu lakukan. Dan salah satu hal terpenting adalah kamu bisa lebih banyak mensyukuri hidup dengan mengikis sifat iri hati sebab melihat orang lain yang mungkin tingkat sosial dan ekonominya lebih tinggi darimu.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram di iPhone

cara deactive akun instagram di iPhone

Jika kamu merupakan pengguna iPhone, maka hal pertama yang harus diingat adalah kamu tidak bisa menonaktifkan akun Instagram di iPhone dengan menggunakan aplikasi Instagram asli. Sebagai alternatifnya, kamu dapat memanfaatkan sistem browser yang ada di iPhone-mu.

Tanpa basa-basi, berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1:
• Pertama, buka browser apa saja yang ada di iPhone-mu dan kunjungi halaman Instagram.com.

Langkah 2:
• Login ke akun Instagram milikmu dan pergi ke menu profil, lalu ketuk opsi 'Edit Profil'.

Langkah 3:
• Scroll ke bagian bawah layar dan pilih opsi 'Nonaktifkan sementara akun saya'.

Langkah 4:
• Isilah kotak yang ada di sebelah opsi 'Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?' dengan jawaban yang kamu miliki.

Langkah 5:
• Kemudian, masukkan kembali kata sandi akun Instagram-mu dan pilih sekali lagi 'Nonaktifkan sementara akun saya'.

Proses deactivate akun Instagram telah berhasil dilakukan. Kamu bisa istirahat sejenak dari segala hiruk pikuk dunia sosial media.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram di Komputer

cara menaonaktifkan akun instagram di pc

Jika kamu menggunakan komputer atau PC sebagai perangkatmu untuk menonaktifkan akun Instagram, maka berikut di bawah ini cara-caranya:

Langkah 1:
• Pertama, buka browser dan masuk ke halaman Instagram.com.

Langkah 2:
• Masuk ke akun Instagram-mu dan kunjungi halaman profil.

Langkah 3:
• Lalu, klik menu 'Edit Profil' yang berada di sebelah nama pengguna.

Langkah 4:
• Scroll ke bagian bawah layar dan pilih opsi 'Nonaktifkan sementara akun saya'.

Langkah 5:
• Kemudian, isilah kotak yang menanyakan 'Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?'

Langkah 6:
• Inputkan kembali kata sandi akun Instagram-mu dan pilih sekali lagi opsi 'Nonaktifkan sementara akun saya'.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Lewat Website

cara nonaktifkan akun instagram melalui website

Untuk cara menonaktifkan akun Instagram lewat website, bisa kamu coba dengan mengikuti tata cara kedua di atas. Karena pada dasarnya caranya sama seperti itu, hanya saja mungkin perangkat yang digunakannya berbeda.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram yang Sudah dinonaktifkan Sementara

cara mengakitifkan kembali akun instagram setelah dinonaktifkan

Nah, jika kamu sudah mengetahui bagaimana cara deactivate akun Instagram, alangkah lebih baik juga kamu tahu bagaimana cara mengaktifkan kembali akun Instagram yang dinonaktifkan secara sementara.

Caranya sangat mudah dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama. Kamu hanya cukup melakukan login kembali ke Instagram seperti biasanya. Masukkan usernama dan password pada kolom isian login yang tersedia.

Namun, jika kamu mengalami kendala tidak bisa langsung masuk ke akun Instagram-mu, jangan panik dan khawatir! Karena dari penelitian yang sudah dilakukan, pengguna Instagram yang telah melakukan deactivate akun Instagram nya harus menunggu kurang lebih 3 jam agar bisa mengakses kembali akun Instagram nya.

Berapa Lama Rentang Waktu Akun Instagram Bisa dinonaktifkan Sementara?

menonaktifkan akun instagram sementara

Sampai sejauh ini tidak ada batasan waktu hingga berapa lama kamu istirahat dan menonaktifkan akun Instagram yang kamu miliki. Jika kamu merasa dalam rentang waktu sebulan itu cukup, maka akunmu juga akan disembunyikan selama satu bulan.

Sebab, pada halaman help Instagram sendiri pun tidak dijelaskan secara rinci bagaimana batasan waktunya. Meski tidak ada limit waktu yang ditentukan, akan tetapi alangkah lebih baiknya lakukan login sesekali ke akun Instagram-mu. Manakala ada perubahan syarat dan ketentuan sewaktu-waktu, kamu nggak akan kaget dibuatnya.

Bonus: Cara Menonaktifkan Instagram Permanen

cara menonaktifkan akun instagtam secara permanen


Namun, jika kamu ingin menonaktifkan atau menghapus akun Instagram secara permanen, hal tersebut masih sama gampangnya dengan cara-cara di atas. Entah dengan alasan seperti apa kamu ingin menonaktifkan akun Instagram secara permanen, yang terpenting adalah kamu memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Adapun untuk langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1:
• Pertama, pergilah ke halaman help.instagram.com lewat browser yang kamu punya, baik di smartphone maupun komputer.

Langkah 2:
• Pilih opsi 'Mengelola Akun Anda'.

Langkah 3:
• Kemudian, pilih opsi 'Hapus Akun Anda'.

Langkah 4:
• Selanjutnya, pilih opsi 'Bagaimana cara menghapus akun saya?' dari pilihan yang sudah tersedia, silakan pilih opsi nomor satu, lalu klik 'Halaman Hapus Akun Anda'.

Langkah 5:
• Di tahap ini pilih salah satu alasan yang sesuai dengan isi hati dan pikiranmu mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram milikmu.
• Jika sudah dipikirkan. Masukkan kembali kata sandi akun Instagram-mu, kemudian klik 'Permanently Delete My Account'. Dan akun Instagram milikmu telah resmi dihapus.

Nah, itu dia penjelasan dari cara deactivate Instagram dengan cepat dan akurat. Kamu bisa langsung mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah di atas agar lebih mudah dan paham. Selamat mencoba.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.