Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Root Tanpa Ribet, Semua Merek HP Ada!

 

cara menyembunyikan aplikasi di Android

Setiap orang memiliki privasi di dalam ponselnya, entah itu berada di galeri ataupun aplikasi. Perkembangan teknologi saat ini telah menghadirkan banyaknya aplikasi, salah satunya aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi di Android. Pernahkah kamu membayangkan hal ini sebelumnya? Sebuah aplikasi yang dapat menyembunyikan aplikasi lainnya di HP yang bersifat privasi.

Namun, sebelum itu, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Android. Trik ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, baik tanpa menggunakan aplikasi maupun menggunakan aplikasi tambahan.

Dan di artikel kali ini Sabineblog.com akan membawamu pada sebuah ruang tutorial yang bernama cara menyembunyikan aplikasi di HP tanpa root. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

cara menyembunyikan aplikasi di Android tanpa aplikasi

Setiap brand smartphone pasti memiliki fitur bawaan pada pengaturan ponsel di dalamnya. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk hide aplikasi dengan mudah tanpa root. Tidak perlu membutuhkan aplikasi tambahan, trik ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk dicoba hingga berhasil.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung

Jika smartphone yang kamu miliki saat ini berasal dari brand besar Samsung, maka inilah cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1:

  • Pertama, bukalah 'Pengaturan Home Screen'.

Di tahap pertama ini, pada menu 'Pengaturan Home Screen' terdapat salah satu fitur tersembunyi yang bisa diaktifkan dengan cara mengakses menu tersebut. Caranya cukup dengan mencubit tampilan layar utama, lalu pilih opsi 'Home Screen Settings' yang berada tepat di bagian bawah.

Langkah 2:

  • Kemudian, pilih menu 'Hide Apps'.

Langkah 3:

  • Pilih dan tandai aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.

Langkah 4:

  • Jika sudah selesai, pilih 'Done'.

Proses menyembunyikan aplikasi di HP Samsung telah berhasil. Dengan begini, aplikasi yang di dalamnya berisi privasi penting akan disembunyikan dari tampilan layar smartphone Samsung yang kamu gunakan.

Dan untuk menampilkannya kembali, caranya sangat mudah. Kamu hanya cukup ikuti kembali langkah-langkah di atas dan hilangkan tanda pada menu Hide Apps, lalu pilih Done.


Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Namun, jika smartphone canggih yang kamu gunakan adalah Xiaomi, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya yang tidak kalah mudah di bawah ini.

Langkah 1:

  • Pertama, buka menu 'Settings'.

Langkah 2:

  • Gulir ke bawah dan pilih opsi 'App Lock'.

Langkah 3:

  • Aktifkan App Lock di MIUI dengan mengetuk 'Turn On'.

Di tahap ini kamu harus mengatur pola terlebih dahulu yang berfungsi sebagai kunci. Lalu, tambah Mi Account yang digunakan pada ponselmu dengan mengetuk opsi 'Add'.

Langkah 4:

  • Pilih tab 'Hidden Apps' yang berada tepat di bagian atas. (Langkah yang terakhir ini berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi dari app drawer pada MIUI).

Dengan begitu, cara menyembunyikan aplikasi di Android Xiaomi telah berhasil dilakukan. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo

Tidak hanya pada smartphone Samsung dan Xiaomi, cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu 10 detik saja. Nggak percaya? Buktikan langsung dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1:

  • Pertama, buka menu 'Pengaturan/Settings'.

Langkah 2:

  • Gulir ke bawah dan temukan menu 'Keamanan'.

Langkah 3:

  • Jika menemukan menu 'Enkripsi Aplikasi' yang harus kamu lakukan adalah membuat kode sandi privasi berupa pola atau kata sandi.

Langkah 4:

  • Pilih dan tandai aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

Langkah 5:

  • Lalu, aktifkan verifikasi kode sandi

Sampai di sini kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi yang ingin disembunyikan. Dan jika di suatu hari kamu ingin mengaktifkan atau memunculkan kembali aplikasi yang disembunyikan, maka caranya juga sangat mudah.

Pilih menu 'Sembunyikan ikon layar depan' pada bagian Pengaturan, lalu buat nomor akses. Di mana nomor akses tersebut harus diawali dengan # dan diakhiri # (contoh: #12345#).

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

cara menyembunyikan aplikasi di hp vivo

Beda hal nya jika smartphone yang kamu gunakan berasal dari brand Vivo, maka kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa menyembunyikan aplikasi di dalamnya.

Langkah 1:

  • Pertama, tap menu bezel pada bagian homescreen.

Langkah 2:

  • Jika beberapa menu sudah muncul dari bawah ke atas, pilih menu 'Hide icon'.

Langkah 3:

  • Masukkan PIN atau patern lainnya yang biasa kamu gunakan untuk mengunci layar smartphone.

Langkah 4:

  • Lalu, tap atau pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

Langkah 5:

  • Jika sudaha, ketuk 'Encryption Settings'. Di tahap ini kamu akan diminta untuk memasukkan PIN yang dapat membuka aplikasi tersembunyi tersebut.

Langkah 6:

  • Finally, aplikasi tersebut secara otomatis menjadi tersembunyi dan hilang pada layar smartphone Vivo-mu.

Jika kamu benar-benar mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tidak akan mengalami kesulitan sama sekali saat hendak menyembunyikan aplikasi di HP Vivo yang kamu miliki.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

cara menyembunyikan aplikasi di hp realme

Tidak ketinggalan dengan brand smartphone Realme yang menjadi salah satu brand terfavorit di Indonesia. Jika yang kamu gunakan adalah HP Realme, maka kamu pun harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa menyembunyikan aplikasi di dalamnya.

Langkah 1:

  • Pertama, pergi ke menu 'Pengaturan'.

Langkah 2:

  • Pilih menu 'Privasi'.

Langkah 3:

  • Pilih opsi 'Kunci Aplikasi' dengan memasukkan sandi privasi.

Langkah 4:

  • Lalu, pilih dan tandai aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan 'Aktifkan Verifikasi Sandi'.

Langkah 5:

  • Kemudian, aktifkan opsi 'Sembunyikan ikon Laya Depan' dan pilih opsi 'Tetapkan nomor akses'.

Langkah 6:

  • Selanjutnya, buatlah nomor akses dengan diawali dan diakhiri tanda pagar (#). Contohnya: #123#

Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi yang ada di HP Realme milikmu. Tidak perlu cara yang ribet jika dengan enam langkah saja bisa dilakukan dengan mudah.

Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Menyembunyikan Aplikasi di Android

rekomendasi aplikasi terbaik untuk menyembunyikan aplikasi di android

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa menyembunyikan aplikasi di HP yang kamu miliki, tentu bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah juga. Bahkan, caranya lebih mudah dari beberapa cara di atas.

Dan di bawah ini terdapat beberapa aplikasi terbaik yang bisa menyembunyikan aplikasi di HP-mu tanpa ribet.

1. AppLock
2. Security Master
3. CM Locker
4. LOCKit
5. AppLocker
6. Hyper Speed
7. Andrognito
8. Smart Hide Calculator
9. AppLock - Fingerprint Unlock
10. AppHider - Menyembunyikan aplikasi

Nah, itu dia beberapa cara menyembunyikan aplikasi di semua merek HP Android. Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas sesuai dengan smartphone yang kamu miliki. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan rekomendasi aplikasi tambahan untuk bisa menyembunyikan aplikasi yang ingin disembunyikan. Selamat mencoba.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.