Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci Folder dengan Password Pada Windows yang Aman

Apa kamu punya dokumen rahasia? Jika iya akan lebih aman jika dikunci. Cara kunci folder dengan password bisa kamu lakukan dengan mudah.

cara mengunci folder dengan password

Dokumen rahasia kamu akan lebih aman dan tidak ada seorangpun yang bisa membukanya. Cara membuat folder lock penting diketahui terutama jika kamu hanya memiliki satu komputer dan dipakai satu keluarga di rumah.

Langkah ini juga sebenarnya perlu bagi siapapun yang ingin aman isi dalam komputer atau laptopnya. Terkadang suka ada tangan usil yang main buka folder tanpa seizin pemiliknya. Nah, jika folder ingin aman, simak cara mengunci folder windows 10 di bawah ini.

Cara Mengunci Folder Menggunakan Aplikasi 7-Zip

cara mengunci folder dengan password 7 zip apk

Salah satu aplikasi yang bisa coba kamu gunakan adalah aplikasi 7-Zip. Cara mengunci folder dengan 7zip ini sangat mudah. Sebenarnya aplikasi ini lebih dikenal sebagai aplikasi yang digunakan mengompres berkas.

Tapi, adanya fitur yang bisa mengunci folder dengan password sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin dokumen rahasianya aman. 

Cara yang bisa kamu lakukan di antaranya:

  1. Download Aplikasi 7-Zip. Pertama kamu cukup download terlebih dahulu aplikasi 7-Zip ini. Kemudian kamu bisa coba menginstalnya ke komputer.
  2. Pilih Folder yang ingin kamu kunci. Jika Folder sudah ditentukan kemudian klik menu Add. Seketika folder tersebut akan berubah jadi arsip dan akan muncul kotak dialog “Add to Archive”. Lalu, pilih untuk kompres ke dalam bentuk zip.
  3. Pilih file yang sudah dikompres dan klik kembali menu Add. Lalu, akan muncul kotak dialog “Add to Archive”. Lalu, pilih kotak tersebut untuk kompres kembali kedalam bentuk zip.
  4. Setelah kamu berhasil mengubah ke dalam bentuk zip kembali nanti akan ada pilihan “Enter password” dan “Re Enter password. Kamu bisa pilih yang “Enter password” untuk memasukkan password.
  5. Terakhir klik “OK”. Dengan begitu langkah untuk mengunci folder kamu sudah selesai.

Untuk memastikan bahwa uji coba ini berhasil kamu bisa coba buka folder berkas yang sudah dikompres tadi. Indikasi keberhasilannya adalah saat folder dibuka nanti akan diminta untuk memasukkan password.

Mengunci Folder dengan Password Menggunakan Fitur Folder Encryption

Cara membuat password pada folder file dengan menggunakan Encryption. Fitur ini tidak perlu kamu download lagi karena memang sudah ada pada windows enterprise dan edisi pro. 

Cara menguncinya bagaimana? Yuk simak di bawah ini langkah-langkahnya.

  1. Pilih Folder yang ingin dikunci. Klik kanan dan pilih menu  “Properties.”
  2. Jika sudah, kamu bisa Klik Menu “Advanced.”
  3. Langkah selanjutnya dengan Klik centang pada “Encrypt contents to secure data,” kemudian kamu bisa klik “OK.”
  4. Klik Apply. Tunggu sampai proses penguncian selesai. Bisa cepat atau lama tergantung besarnya file kamu.
  5. Selesai. Indikasi selesai jika pada folder yang kamu kunci sudah terlihat gambar gembok. Kamu bisa coba buka, apakah muncul permintaan untuk mengisi password atau tidak saat folder yang sudah dikunci ingin coba dibuka.

Demikian cara mengunci folder dengan password windows. Cara pertama lebih rumit karena harus download aplikasi dulu. Sedangkan cara kedua lebih praktis dan mudah karena cuman mengandalkan fitur bawaan. Untuk tingkat keamanan direkomendasikan dengan cara pertama yaitu menggunakan aplikasi 7-Zip.