Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian NFC Pada HP Fitur Terbaru Pengganti Bluetooth

Pengertian NFC pada HP mungkin hanya sedikit dari para pengguna yang memahaminya. NFC termasuk dalam fitur terbaru yang sudah dilengkapi pada smartphone terbaru di akhir tahun ini. Hampir semua smartphone keluaran terbaru sekarang ini sudah dibekali dengan beragam fitur terbaru.

pengertian nfc pada hp

Untuk fitur NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication, fitur dari komunikasi nirkabel ini pertama kalinya dipatenkan oleh Charles Walton tepat di tahun 1983. 

Sedangkan yang dimaksud dengan NFC adalah fitur protokol komunikasi jarak pendek yang mana dapat membuat dua alat elektronik terkoneksi hingga bisa mentransfer data antara satu dengan yang lainnya.

Itulah sekilas tentang pengertian dari NFC pada HP. Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara kerja dari NFC lengkap dengan fungsi kegunaan dari fitur terbaru satu ini.

Simak ulasan kami di bawah ini.

Cara Kerja Dari Fitur NFC

Cara kerja NFC ini sebenarnya hampir sama dengan fitur Bluetooth maupun WiFi yang mana mengandalkan gelombang radio agar bisa mengirimkan informasi kepada pengguna lainnya. 

Fitur terbaru NFC ini dapat mengirim seluruh data dengan menggunakan induksi dari arus elektrik yang terdapat di komponen pasif.

Perbedaan antara NFC dengan Bluetooth adalah terletak pada komponen pasifnya yang tidak memiliki daya. NFC lebih mengandalkan dari medan elektromagnetik yang sudah diproduksi sendiri oleh komponen aktif yang terdapat pada NFC pada saat kedua komponen tersebut saling berdekatan.

Fitur terbaru NFC ini tidak dapat mengisi daya perangkat, namun sudah dibekali dengan teknologi bernama power sharing yang mana bisa mengisi daya saat kedua perangkat ditempelkan.

Fungsi Dan Kegunaan Dari Fitur NFC

Salah satu fungsi keunggulan dari fitur NFC ini adalah dapat mengecek saldo dari uang elektronik yang Anda miliki. Selain itu, masih banyak lagi kegunaan dari fitur satu ini yang akan sangat membantu aktivitas Anda sehari – hari. Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari NFC.

1. Koneksi Smartphone Dengan Perangkat yang Lain

Fungsi utama dari fitur NFC ini adalah dapat menghubungkan kedua perangkat dalam dua arah juga. Koneksi antara dua perangkat inilah yang nantinya dapat menerima dan juga mengirim informasi berupa file – file penting. 

Uniknya, koneksi dari NFC tersebut bisa digunakan tanpa jaringan WiFi maupun provider lainnya.

2. Kemudahan Transfer File

Kelebihan dari fitur NFC selanjutnya adalah dalam hal mentransfer file yang terdapat di ponsel Anda kepada ponsel lainnya, dengan cara cukup mudah menempelkan kedua ponsel saja. 

Dengan fitur NFC inilah Anda dapat dengan mudah mengirim gambar foto, dokumen lainnya serta nomor telepon dengan sangat mudah.

3. Mudah Melakukan Pembayaran Cashless

Istilah dari cashless sekarang ini sedang populer dengan hadirnya NFC juga menjadikan alat pembayaran yang cukup praktis untuk Anda gunakan. Cara menggunakannya pun cukup sederhana dengan Anda menempelkan ponsel pada alat pembayaran. 

Secara otomatis NFC akan memberikan semua data yang sudah dikumpulkan dan proses pembayaran dapat dengan mudah diproses secara cepat.

Pengertian NFC pada HP semakin memudahkan para penggunannya. Hadirnya fitur terbaru ini sangat bermanfaat sekali bagi aktivitas dan kebutuhan dasar semua penggunaannya. 

Selain itu juga, fitur NFC sudah dilengkapi pada semua jenis ponsel keluaran terbaru tepat di tahun ini. Bagi Anda yang memiliki ponsel terbaru, ada baiknya langsung cek fitur NFC yang akan bermanfaat sekali bagi Anda.