Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengisi Tinta Printer Berbagai Merk dengan Mudah dan Benar

Cara mengisi tinta printer memang merupakan salah satu kegiatan yang cukup krusial. Di mana hal ini harus dilakukan secara rutin bilamana tinta printer telah mencapai titik habisnya. Sebab itulah untuk kamu yang memiliki printer merk apa pun itu sudah pasti harus mengetahui bagaimana tata caranya.

Cara mengisi tinta printer

Pasalnya, untuk mengisi tinta printer ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Sebab nantinya akan berpengaruh buruk pada printer yang kamu miliki. Terlebih printer tersebut masih dalam keadaan baru, inilah yang menuntut kamu untuk bisa mengisi tinta printer dengan baik dan benar.

Mulai dari merk printer ternama seperti Canon, Epson, dan yang tak kalah menariknya yakni printer infus yang bisa kamu ikuti tata caranya di bawah ini untuk mengisi tinta printer secara aman dan benar.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Cara mengisi tinta printer Canon

Sebagai merk printer tersohor, Canon memang banyak dipilih orang-orang dari berbagai kalangan. Bagaimana tidak, fitur yang ditawarkan sudah jelas menghadirkan keunggulan-keunggulan yang mampu memenuhi kebutuhan banyak orang.

Dan untuk kamu yang memiliki printer Canon, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, apabila Cartridge printer dalam keadaan tersegel karena masih baru, lubangi terlebih dahulu Cartridge tersebut.

• Ingat, untuk melubangi Cartridge nya ini cukup memberi lubang sedikit saja, jangan sampai terlalu besar. Karena akan mempengaruhi pada kualitas Cartridge dalam jangka waktu yang panjang nantinya.

Langkah 2:

• Jika Cartridge sudah berhasil dilubangi, silakan kamu masukkan tinta yang sudah disediakan dengan menggunakan suntik kurang lebih berkisar antara 3 - 4 ml.

• Suntikkan tinta tersebut sampai habis.

Langkah 3:

Nah, di tahap ini Cartridge sudah terisi penuh dengan tinta, lalu selanjutnya ambil penyedot tinta.

• Sedotlah tinta dari bawah cartridge, akan tetapi saat disedot, usahakan tidak terlalu banyak agar tinta dapat mengalir memasuki 'Nozzle head'.

Langkah 4:

• Siapkan tissue dan lakukan pengecekan dengan cara ditempelkannya tissue pada bagian 'Noozle head'.

• Jika sudah selesai, masukkan lagi Cartridge pada posisi semula.

Langkah 5:

• Selepas itu, lakukan 'Head cleaning' padahal printer guna menghindari adanya hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus.

• Sampai di tahap ini kamu telah berhasil mengisi tinta printer Canon yang kamu miliki.

Sebagai catatan, untuk Cartridge bagian warna prosesnya tidak lebih jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas. Namun, yang membedakannya sekadar banyaknya tinta yang kamu isi.

Untuk Cartridge itu sendiri terdiri dari 3 jenis warna, diantaranya magenta (merah) cyan (biru), dam Yellow (kuning). Untuk menjaga tingkat aman pengisian tinta printer, kamu hanya cukup mengisikannya dengan takaran tinta mulai dari 2 - 4 ml.

Cara Mengisi Tinta Printer Infus

Cara mengisi tinta printer infus

Sementara itu, jika kamu menggunakan tinta printer infus maka caranya pun tentu saja beda lagi. Meskipun ada beberapa langkah yang sama, akan tetapi tak sedikit juga memiliki perbedaan yang harus kamu perhatikan saat akan mengisi tinta printer.

Tak usah berlama-lama, berikut langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, jepitlah bagian selang infus dengan menggunakan penjepit kertas yang tentunya harus kamu sediakan dari awal. Di mana proses penjepitan selang ini bertujuan untuk memutus aliran tinta pada Cartridge.

• Jika sudah, bukalah tutup tabung tinta yang hendak kamu isi tintanya.

Langkah 2:

• Selanjutnya, isikan tinta secara perlahan dengan hati-hati ke dalam tabung tinta tersebut melalui jarum suntik khusus.

• Usahakan agar tabung tinta tidak terisi secara berlebihan karena nantinya akan menghambat proses mengalirnya tinta ke dalam Cartridge.

Langkah 3:

• Jangan lupa, tutup tabung infusan harus berada pada posisi terbuka. Sebab nantinya akan memperlancar aliran tinta yang mengarah ke cartridge.

• Bilamana proses pengisian tinta sudah selesai dengan baik, lakukanlah proses head cleaning.

Langkah 4:

• Namun, harus diingat terlebih dahulu bahwa pada saat di pertengahan proses head cleaning dilakukan, bukalah penjepit secara perlahan.

Nah, di tahap ini kamu bisa langsung mencobanya dengan melakukan satu cetakan printer. Biasanya printer akan langsung bekerja dengan optimal jika sudah diisi tinta dengan takaran yang cukup. 

Di balik kemudahan melakukan langkah-langkah dalam mengisi tinta infus, jangan lupa bahwa terlalu sering menggunakan fitur head cleaning dapat menguras tinta dalam waktu yang cepat dan tinta akan terkuras banyak.

So, jika sudah melakukan pengisian tinta pada tabung tinta yang tersedia, kamu dianjurkan hanya cukup satu kali saja untuk melakukan head cleaning. Dengan begitu, tinta printer akan tetap awet.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson (L360)

Cara mengisi tinta printer epson

Berbeda hal nya jika printer yang kamu gunakan berasal dari merk Epson yang tak kalah bagus dan memiliki popularitas yang cukup tinggi di industri elektronik. Maka caranya pun agak sedikit berbeda dari kedua cara yang di atas.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, alangkah lebih baiknya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan seperti tissue yang digunakan untuk membersihkan sisa tinta yang tercecer pada saat nanti proses pengisian tinta dimulai.

• Siapkan juga tinta yang dimasukkan.

Langkah 2:

• Apabila alat dan bahan sudah disiapkan, lepaslah tabung penyimpanan tinta printer dengan cara mendorong sedikit ke arah atas guna terlepas dari pengaitnya yang tersedia.

• Tidurkan atau miringkan tabung tinta agar posisi lubangnya menghadap ke arah atas.

Langkah 3:

• Di tahap ini, bukalah cover hitam yang menjadi penutup tabung guna melihat seperti apa kode warna tinta hitam, merah (pink), kuning, dan biru.

• Selanjutnya, buka juga bagian penutup lubang tinta.

Langkah 4:

• Beralih ke arah tinta, sekarang coba kamu buka botol tinta tersebut yang masih disegel.

• Lalu, buka juga tutupnya sembari memasukkan tinta sesuai dengan warnanya.

Langkah 5:

• Jika kamu merasa tinta yang dituangkan sudah cukup, maka tutup kembali lubang tinta tersebut.

• Jangan lupa, pasang kembali tabung pada pengait nya dengan cara menyalakan printer, lalu ketuk dan tahan tombol tinta selama beberapa detik guna memulai proses 'Head cleaning'.

Langkah 5:

• Jika proses 'Head cleaning' telah selesai, maka secara otomatis lampu tinta biasanya akan berkedip.

• Tunggu dulu selama beberapa detik hingga kedipan tersebut hilang.

Dan di sinilah kamu bisa menggunakan printer Epson kesayanganmu untuk mencetak file-file penting yang kamu butuhkan dengan cepat.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa cara mengisi tinta dengan mudah dan benar. Kamu bisa mengikuti salah satu cara di atas dengan menyesuaikan merk printer yang kamu gunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cari Artikel