Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2021

Aplikasi Belajar Bahasa InggrisKemajuan teknologi yang semakin pesat mengantarkan manusia pada sisi transformasi kehidupan. Salah satunya yang tadinya harus memiliki guru les untuk belajar bahasa inggris, akan tetapi saat ini rasanya semua itu bisa dilakukan dengan mudah secara otodidak.

aplikasi belajar bahasa inggris

Terlebih sekarang ini sudah banyak developer ternama yang menghadirkan aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa dijadikan sebagai tempat terbaik untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar. Bahkan, metode-metode di dalamnya pun dikemas sangat menarik agar yang tadinya paradigma mengenai bahasa Inggris itu sulit, akan tetapi dengan metode baru yang lebih seru menjadi terasa mudah.

Sebab itulah, untuk kamu yang sekarang sedang belajar bahasa Inggris secara otodidak, alangkah lebih baiknya ditemani juga dengan beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris di bawah ini agar proses pembelajaran tidak terasa menjenuhkan. 

1. HelloTalk

aplikasi belajar bahasa inggris hello talk

Jika kemampuan bahasa Inggris-mu sudah lumayan lancar dan fasih, HelloTalk merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang menyuguhkan metode saling berbalas pesan bersama native speaker. Hal ini tentu saja untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris agar lebih lancar sebagaimana kamu berbicara bahasa Indonesia.

Menariknya lagi, dalam aplikasi yang satu ini kamu pun bisa memanfaatkan fitur voice note untuk melancarkan kemampuan berbicara bahasa Inggris ditemani dengan native speaker melalui chatting ataupun telepon. Dengan demikian, belajar bahasa Inggris jauh akan lebih menyenangkan karena ada yang menemanimu belajar bersama.

Download di sini: HelloTalk

2. Duolingo

aplikasi belajar bahasa inggris duolingo

Telah di-download hingga 100 juta lebih pengguna di Play Store menjadikan aplikasi Duolingo memiliki popularitas yang bukan main-main lagi. Pasalnya, di dalamnya kamu tidak hanya bisa belajar bahasa Inggris, akan tetapi kamu dapat mempelajari bahasa Rusia, Mandarin, Polandia, dan masih banyak lagi bahasa lainnya yang bisa kamu temukan dengan mudah di sana.

Cukup berbeda dari yang lainnya, Duolingo menyuguhkan beragam tingkat pembelajaran dengan adanya kosa kata baru setiap harinya. Sehingga kamu memilih kesempatan penuh untuk bisa memilih topik dalam belajar bahasa Inggris, seperti topik kesehatan, pendidikan, dan ilmu pengetahuan.

Download di sini: Duolingo

3. Rosetta Stone

aplikasi belajar bahasa inggris rosetta stone

Disajikan dengan antarmuka yang sederhana tetapi elegan, Rosetta Stone menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris yang banyak diminati kalangan anak-anak hingga dewasa. Bagaimana tidak, metode yang digunakan dengan cara menawarkan berbagai aktivitas yang sangat menyenangkan seperti membuat atau menyusun satu kata dari kata yang lainnya. Dengan begitu, belajar bahasa Inggris tentu terasa jauh lebih mudah dan menarik.

Di samping itu, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan beragam bahasa lainnya, yakni Italia, Jerman, Perancis, dan 18 bahasa lainnya yang bisa kamu manfaatkan saat merasa sedikit jenuh dikarenakan belajar bahasa Inggris secara terus-menerus. Rasanya tak heran jika Rosetta Stone dinobatkan sebagai salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik saat ini.

Download di sini: Rosetta Stone

4.  Busuu: Learn Languanges

aplikasi belajar bahasa inggris learn languages

Untuk kamu yang masih pemula, sepertinya tidak direkomendasikan memilih aplikasi Busuu ini. Karena jika dilihat dari sejumlah fitur yang ditawarkan aplikasi ini khusus untuk seseorang yang sudah handal dan profesional dalam berbahasa Inggris.

Namun, meskipun begitu, jika kamu ingin melihat berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya, boleh-boleh saja men-download aplikasi Busuu ini. Apalagi jika nanti kemampuan berbahasa Inggris-mu sudah lancar, maka alangkah lebih baiknya berlatih ke aplikasi Busuu untuk semakin melancarkan dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Download di sini: Busuu: Learn Languages

5. Learn english

aplikasi belajar bahasa inggris learn english

Ingin belajar bahasa Inggris dengan santai tanpa stres? Cobalah aplikasi Learn English yang membawamu pada sebuah ruang baru untuk mempelajari bahasa Inggris dengan menyenangkan. Sebagaimana pepatah lama mengatakan bahwa bermain sambil belajar akan membuatmu semakin rileks untuk menyerap ilmu yang dipelajari.

Oleh karenanya, aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka ribet dalam belajar bahasa Inggris. Dan kamu tahu apa hal yang menarik dari aplikasi ini? Ya, Learn English bisa diakses tanpa membutuhkan koneksi internet. Begitu juga dengan kosakata di dalamnya yang dibagi secara tematis dengan mencakup banyak aspek dari kehidupan sehari-hari.

Download di sini: Learn English

6. Hello English 

hello english

Jika berkomunikasi atau saling mengirim pesan bersama native speaker tidak cukup bagimu, kamu bisa mencoba Hello English untuk berkomunikasi langsung dengan para guru bahasa Inggris yang ahli dalam bidangnya. Baik melalui pesan singkat maupun komunikasi via suara.

Sementara itu, untuk interface yang disuguhkan terkesan sederhana dan sangat pas untuk digunakan orang-orang dari berbagai kalangan. Dalam artian, tidak hanya orang-orang dewasanya saja, akan tetapi anak-anak hingga remaja pun pasti akan merasa senang saat memilih aplikasi yang satu ini.

Download di sini: Hello English

7. Babbel

aplikasi belajar bahasa inggris babbel

Jika dilihat dari konsepnya, Babbel tidak jauh berbeda seperti Duolingo yang menawarkan fitur-fitur menarik di dalamnya. Hanya saja, Babbel lebih menitikberatkan pada bagian conversation dan vocabulary. Sebab itu, jika kamu ingin memperkaya kosakata bahasa Inggris, maka inilah jawaban yang tepat untukmu.

Mulai dari pembelajaran secara singkat, interaktif, akan tetapi tetap informatif merupakan ciri khas andalan yang ditonjolkan oleh Babbel agar saat orang-orang mendengar nama Babbel mereka akan terbayang dengan metode pembelajaran bahasa Inggris yang amat menyenangkan.

Download di sini: Babbel

8. Grammarly

aplikasi belajar bahasa inggris grammerly

Mengusung metode yang sangat berbeda dari aplikasi lainnya, Grammarly menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris dengan secara tertulis. Di mana artinya kamu hanya cukup mendownload keyboard Grammarly di ponselmu, maka setelah dijalankan keyboard Grammarly secara otomatis akan membenarkan setiap kesalahan dalam penulisan bahasa Inggris-mu.

Di sisi lainnya juga, Grammarly mampu mendeteksi seperti apa 'nada' dari tulisan yang hendak kamu kirim. Baik itu netral, formal, hingga bersahabat. Sehingga dengan aplikasi ini kamu dapat terselamatkan dari tulisan yang bernada keliru atau yang tidak seharusnya. Bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana terstrukturnya aplikasi ini untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris-mu.

Download di sini: Grammarly

9. ABA English

aplikasi belajar bahasa inggris ABA English

Satu lagi, aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik 2021 yakni ABA English yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan karena ABA English menyajikan berbagai film bahasa Inggris yang sangat menarik dan unik untuk ditonton.

Mengingat-ingat satu kosakata secara manual memang tidak mudah, akan tetapi dengan menonton film yang memiliki alur menarik berkemungkinan besar membuatmu lebih mudah mengingat tiap percakapan kosakata yang mereka ucapkan. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa bosan dan merupakan sebuah pengalaman baru untuk belajar bahasa Inggris dengan metode yang berbeda.

Tak cukup sampai di situ saja, melalui aplikasi ABA English kamu bisa tahu seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris-mu melalui level yang didapatkan dari hasil test yang diberikan sebelumnya. Di mana level tersebut terdiri dari 6 level yaitu (1) Beginners, (2) Lower Intermediate, (3) Intermediate, (4) Upper Intermediate, (5) Advanced dan juga (6) Business.

Download di sini: ABA English

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik 2021 yang bisa kamu coba sesuai dengan metode pembelajaran yang kamu butuhkan. Mulai dari menjalin percakapan bersama native speaker, berkomunikasi langsung dengan guru bahasa Inggris pilihan, hingga menonton film berbahasa Inggris yang sangat menarik.