Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik & Tanpa Biaya di 2021, Wajib Coba!

Pandemi yang belum kunjung berhenti seolah memaksa para pelajar serta mahasiswa untuk tetap aktif belajar di rumah. Hal ini tentunya agar waktu di rumah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagaimana keinginan para pendidik terhadap yang dididiknya. Selain itu, belajar secara otodidak pun sudah pasti akan menumbuhkan dan meningkatkan skill yang dimiliki.

aplikasi belajar online

Sebab itulah, keberadaan aplikasi belajar online memang memiliki peran yang cukup krusial dalam meningkatkan minat belajar dari para pelajar dan mahasiswa. Menariknya, saat ini tak sedikit aplikasi belajar online yang memang bisa diakses secara gratis tanpa bayar seperti pun.

Dengan begitu, merupakan suatu keuntungan bagi kamu yang gemar mengisi waktu di rumah dengan terus belajar dan mencari segala hal yang belum kamu ketahui. Daripada penasaran, yuk, intip saja langsung penjelasannya di bawah ini.

1. Rumah Belajar


Sebagai portal belajar online yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rumah Belajar berhasil menjadi aplikasi belajar online yang paling banyak dikunjungi para pelajar maupun mahasiswa dalam setiap harinya. Bagaimana tidak, aplikasi ini memang dibangun dengan berbagai fitur menarik yang mampu memenuhi kebutuhan belajar banyak orang dari berbagai kalangan.

Di mana di dalamnya tersedia konten berbasis audio visual yang lengkap dengan beragam elemen interaktif. Begitu juga dengan hal-hal lainnya yang akan membuatmu betah saat mengunjungi aplikasi yang satu ini, seperti fitur Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya dan beberapa fitur unggulan lainnya yang bisa diakses secara cuma-cuma atau gratis.

Download Rumah Belajar Di sini

2. Edmodo

aplikasi belajar online edmodo

Dibangun dengan interface yang amat menarik, aplikasi Edmodo berhasil membuat banyak orang takjub dan berdecak kagum. Bagaimana tidak, perpaduan background aplikasi yang diusung terbilang sangat tepat dan memang sangat memanjakan penggunanya.

Menariknya lagi, dengan Edmodo ini para guru tidak hanya bisa memberikan materi beserta penugasan saja, akan tetapi para guru juga bisa mendapatkan survei dari beberapa metode pembelajaran yang dilakukan dalam aplikasi. Bagaimana? Menarik sekali bukan?

Download Edmodo Di sini

3. Ruangguru

aplikasi belajar online ruangguru

Popularitasnya yang bukan kaleng-kaleng mengantarkan Ruangguru sebagai aplikasi belajar online yang paling banyak diminati para pelajar dan mahasiswa. Segudang fitur andalan bisa kamu dapatkan secara gratis di aplikasi Ruanggu ini. Mulai dari materi-materi pelajaran dalam bentuk penjelasan hingga audio visual bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Sebelumnya, untuk mengakses materi-materi di Ruangguru ini kamu harus membeli paket belajar terlebih dahulu. Namun, karena pandemi yang tak kunjung berakhir, Ruangguru menggelar Sekolah Online di mana isinya berupa aplikasi belajar tanpa bayar. Merupakan sebuah kerugian bagi kamu jika melewatkannya.

Download Ruangguru Di sini

4. Duolingo

aplikasi belajar online duolingo

Nah, untuk kamu yang gemar belajar tentang bahasa Inggris ataupun kamu yang masih pemula dan ingin belajar bahasa Inggris, maka jawabannya adalah Duolingo. Sebagaimana definisinya bahwa Duolingo adalah sebuah aplikasi bimbel online gratis yang sangat memudahkan siswa-siswi dalam mempelajari ilmu bahasa Inggris serta bahasa asing di seluruh dunia.

Dan apakah kamu tahu yang menjadi keunikan dari aplikasi ini? Ya, kamu tidak hanya bisa belajar otodidak dengan materi-materi yang disediakan, akan tetapi kamu pun bisa belajar langsung dengan dibimbing oleh penutur asli bahasa Inggris tersebut melalui streaming ataupun video. Bagaimana? Mantap sekali, 'kan?

Download Duolingo Di sini

5. Aku Pintar

aplikasi belajar online aku pintar

Alternatif terbaik lainnya untuk belajar di rumah adalah dengan menggunakan aplikasi Aku Pintar. Sebelumnya, pernahkah kamu mendengar aplikasi ini? Jika belum, maka ketahuilah bahwa aplikasi ini lebih dari sekadar aplikasi-aplikasi belajar online lainnya.

Dalam artian, kamu tidak hanya bisa mengakses materi yang disajikan dalam bentuk dokumen ataupun video, akan tetapi kamu pun bisa mencari universitas yang kamu inginkan. Bahkan, seluruh jurusan kuliah yang ada di universitas tersebut dapat kamu lihat. Sehingga bagi kamu yang baru saja lulus SMA tidak akan kebingungan saat mencari tahu tentang universitas impianmu.

Download Aku Pintar Di sini

6. Zenius

aplikasi belajar online zenius

Rekomendasi aplikasi belajar online yang terakhir yakni Zenius. Untuk para siswa-siswi SMA sepertinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Pasalnya, untuk mempersiapkan test UTBK menuju kampus impian, Zenius menyediakan berbagai materi dan kumpulan soal yang bisa dikerjakan sebagai simulasi sebelum menghadapi soal-soal yang akan membuat isi kepala menjadi pusing.

Tak cukup sampai di situ saja, pada dasarnya aplikasi Zenius ini menyediakan berbagai kumpulan materi yang dikemas rapi dalam bentuk video, audio, hingga penjelasan berbentuk dokumen yang dimulai dari tingkat SD hingga perkuliahan. So, secara keseluruhan Zenius adalah aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin belajar online dengan suasana baru yang cukup menyenangkan.

Download Zenius Di sini

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai rekomendasi aplikasi belajar online yang bisa kamu akses secara gratis. Tak perlu mengeluarkan cuan sepeser pun kamu sudah bisa mendapatkan ilmu bermanfaat yang nantinya menjadi bekal untuk masa depan. Selamat mencoba.