Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah bisa Setting Penyimpanan Whatsapp langsung ke SD Card?

penyimpanan media whatsapp secara otomatis ke sd card

Untuk para pengguna handphone yang memiliki kapasitas penyimpanan memori internal cukup kecil, tentunya penyimpanan data atau berkas dari WhatsApp menjadi permasalahan tersendiri. 

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi chating terbesar didunia WhatsApp, seperti berbagi konten multimedia foto, suara dan video semakin lama memang berkas yang tersimpan akan semakin besar, yang menyebabkan kapasitas memory internal Kamupun semakin menyusut.

Dibeberapa Handphone yang memiliki kapastitas memory internal besar memang tidak terlalu terasa, tetapi bagi mereka yang menggunakan handphone berkapasitas memory internal kecil akan menjadi masalah, karena memang WhatsApp akan langsung menyimpan secara otomatis file-file media tersebut ketika Kamu mengaksesnya.

Belum lagi fitur pencadangan dari WhatsApp yang melakukan backup setiap harinya akan menguras ukuran memory internal HP Kamu, karena akan menyimpan data pencadangan selama seminggu terakhir.

Solusi yang banyak dilirik adalah dengan menambahkan kartu memory eksternal seperti MocroSD, tetapi apakah aplikasi WhatsApp membolehkan Kita untuk menyimpan secara otomatis data kedalam eksternal memory tersebut?

Apakah Ada Cara Setting Penyimpanan WhatsApp Otomatis Kedalam SD Card?

Sebatas pengetahuan penulis selama ini untuk memindahkan data secara otomatis langsung kedalam SD Card secara umum tidak diperkenankan untuk aplikasi yang mempunhai kredensial penting seperti perbankan, marketplace maun media sosial.

Hal ini semata karena alasan secutiry dan kemanan data pengguna, dikarenakan SD Card memiliki sistem yang terpisah dari handphone yang masih memiliki celah untuk dimanfaatkan oleh para peretas untuk membobol data Kamu.

Bahkan untuk iPhone dan beberapa HP Android kelas atas rela menghilangkan slot kartu SD demi melindungi data para penggunanya, dengan kompensasinya mereka memberikan ukuran memory internal yang cukup besar, sehingga pengguna tidak terlalu bermasalah dengan penyimpanan datanya.

WhatsApp sendiri didalam halaman bantuan resmi mereka dengan tegas menyatakan mereka tidak mendukung untuk penyimpanan data secara otomatis kedalam kartu memori eksternal (SD Card).

Oleh karena itu untuk pengguna yang memilik memory internal tidak besar harus bisa pintar-pintar memanage aplikasi mereka, dengan membuang aplikasi yang memang tidak dipakai atau dibutuhkan dan harus rajin-rajin menghapus file-file sampah yang tidak digunakan.

Walaupun sebenarnya ada cara hitam yaitu dengan  cara ROOTING handphone Kamu, dengan cara ini memang memungkinkan untuk bisa memindahkan seluruh aplikasi kedalam SD Card, tetapi cara ini sangat tidak direkomendasikan kerena akan membahayakan keamanan data kamu sendiri.