Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Terbaru di Windows 11 Yang Bikin Penggunanya Lebih Produktif

fitur terbaru windows 11

Setelah melakukan pengembabangan selama 6 tahun terhadap Windows 10, kini Microsoft mengajak penggunanya untuk berpetualang kedalam ekosistem barunya yaitu Windows 11 dengan berbagai penyegarannya.

Pada saat peluncurannya kemarin ditegaskan oleh Microsoft bahwa mereka akan mambawa penggunanya kedalam pengalaman yang baru, hal ini dikarenakan Windows 11 melakukan perubahan besar didalamnya.

Bukan hanya perubahan pada User Interface atau antar mukanya saja menjadi lebih modern, tetapi Windows 11 juga membawa fitur baru dan sistem keamanan yang diklaim sebagai rilis yang paling aman.

Untuk Kamu yang penasaran dengan berbagai macam Fitur terbaru yang dibawa oleh Windows 11, berikut daftar perubahan yang dilakukan oleh Microsoft di Windows 11 miliknya.

Daftar Fitur dan Prubahan Pada Windows 11

Perubahan Desain Antar Muka / User Interface

Produktivitas, kreativitas dan kemudahan dijadikan dasar dalam pengembangan Windows 11, Sehingg tampilan antar muka di Windows 11 lebih ramah untuk para penggunanya.

Perubahan yang cukup drastis dilakukan oleh Microsoft adalah, kini tombol Start diletakkan pada bagian tengah taskbar (sekarang bernama dock) diposisi bagian bawah supaya lebih mudah apa yang mereka temukan.

Pada bagian Start Menu, Microsoft Office 365 dan Cloud menjadi tambahan yang menggantikan Live Tiles dibagian Start Menu sehingga memberikan kemudahan didlam mengakses berbagai macam berkas tanpa perla tahu apa perangkat yang digunakan sebelumnya.

Fleksibilitas yang lebih tinggi dimiliki oleh Windows 11 didalam pengelolaan tampilan melalui fitur snap apps side by side. Sehingga penggunanya dapat bekerja, belajar dan bermain dengan lebih banyak jendela aplikasi yang terbuka secara bersama-sama.

perubahan tampilan windows 11

Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops

Dengan dukungan Snap Layouts, Snap Groups dan Desktops para pengguna Windwows 11 dapat menyelesaikan banyak tugas dengan lebih tertata.

Dengan fitur terbarunya ini untuk mengelola tampilan jendela windows menjadi lebih tertata dan tidak semrawut, sehingga Kamu bisa lebih mudah menemukan apa yang diperlukan.

Fitur terbarunya ini juga bisa membuat beberapa layar menjadi beberapa bagian yang tiap bagian layar tersebut bisa dirubah-rubah desktopnya menjadi desktop khusus bekerja, belajar, bermain game, maupun hiburan sesuai dengan aktivitas yang dijalaninya.

Microsoft Team Chats Yang Terintegrasi

Microsoft Chat pada Windows 11

Kemudahan berkomunikasi menjadi salah satu fitur yang diperkenalkan didalam Windows 11, sehingga Microsoftpun membawa fitur Team Chats pada bagian dock.

Dengan hadirnya Team Chats para pengguna Windows 11 jada dapat berkomunikasi dengan lebih cepat baik menggunakan pesat text, audio, hingga panggilan video call.

Bahkan apabila seseorang yang dihubungi dengan team chats masih belum menginstall aplikasinya diperangkat, mereka tetap bisa dihubungi dengan adanya dukungan two-way SMS pada aplikasi team chats ini.

Teknologi Game Baru

Microsoft juga membuat teknologi terbaru di Windows 11 untuk membuat pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam bermain game, berikut beberpa teknologi terbaru yang diusung untuk bermain game.

DirectX 12 Ultimate - Untuk mendapatkan pengalaman yang baik didalam bermain game tentunya dibutuhkan frame rate yang tinggi, DirectX 12 Ultimate pun hadir untuk memberikan hal tersebut.

DirectStorage - Untuk pertama kalinya Windows mengadaptasi teknologi DirectStorage dari Xbox Velocity Architecture yang terdapat pada Xbos Series X|S, dengan teknologi ini akan membuat kartu grafis memuat aset menjadi lebih cepat tanpa membebani CPU dan kamupun bisa bermain game menjadi lebih lancar.

Auto HDR - Dengan teknologi Auto HDR (High Dybamic Range) ini untuk game berbasis DirectX 11 keatas Windows 11 menawarkan tampilan yang lebih superior dimana range warna yang ditampilkan lebih luas dan vivid dibandingkan dengan Standar Dynamic Range (SDR) dari generasi pendahulunya.

Widgets

Pada dock Windows 11 fitur Widget kembali dimunculkan dengan dilengkapi AI dan Microsoft Edge yang memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam mengakses berbagai macam informasi.

widget windows 11 terbaru

Dengan Widget ini para pengguna dapat memanfaatkannya untuk melihat informasi cuaca, task atau tugas dari Microsoft To Do, jadwal calender, foto pada aplikasi Photos, berita terbaru hingga halaman web melalui browser Microsoft Edge.

Pembaharuan Microsoft Store

Pada layanan Microsoft Store di Windows 11 dirancang untuk menjadi layanan sebagai tempat untuk mendapatkan aplikasi, game hingga konten hiburan yang terpercaya.

microsoft store windows 11

Di Micrisift Store ini pengguna bisa mendapatkan lebih banyak aplikasi dari sebelumnya. Selain itu kali ini Microsoft memberikan kemudahan pada layanan Microsoft Store nya untuk mencari produk dan konten yang lebih mudah melalui fitur seperti curated story maupun collection.

Menjalankan Aplikasi Android

Satu hal yang paling menarik pembaharuan yang dibawa adalah nantinya pengguna dapat menjalankan aplikasi android di Windows 11 secara langsung tanpa memerlukan bantuan emulator.

windows 11 bisa menjalankan aplikasi android secara langsung

Pada akhir tahun 2021 Microsoft berencana secara resmi untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi android melalui Microsoft Store, walaupun pada saat download nantinya tetap akan diarahkan ke layanan Amazon AppStore.

Tentunya kedepannya Microsoft akan terus memberikan dukungan fitur terbaru dan lebih banyak lagi di Windows 11, fitur yang dikembangkan akan terus mengikuti kebutuhan para penggunanya.