Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dilakukan Secara Bertahap, Berikut Cara Install Windows 11

Sabineblog.com - Sejak Oktober lalu, sistem operasi Windows 11 mulai diluncurkan ke sejumlah perangkat yang memenuhi spesifikasi. Pengguna perangkat Windows 10 dapat mengupgrade sistem operasi Windowsnya secara gratis jika memiliki perangkat yang kompatibel.

cara install windows 11

Namun meski demikian, kesempatan upgrade ini tidak akan serentak dilakukan melainkan dilakukan secara bertahap hingga pertengahan tahun 2022. Sebelum mengupgrade ke Windows 11, berikut ini ulasan mengenai fitur Windows 11 serta cara install Windows 11 yang mudah dan aman.

Fitur Terbaru yang Ada di Windows 11

Dilansir dari blog Windows, desain baru dari Windows 11 dinilai lebih modern, segar, dan indah. Selain itu, chat dari Microsoft Teams yang terintegrasi di taskbar sehingga kegiatan komunikasi jauh lebih cepat. Selain itu, Windows 11 juga didesain lebih inklusif dengan meningkatkan serangkaian aksesibilitas sehingga dapat digunakan oleh masyarakat berkebutuhan khusus.

Cara Install Windows 11

cara install windows 11

Install Windows 11 dapat dilakukan dengan dua cara yaitu langsung dari perangkat dan dengan bantuan DVD atau USB.

1. Langsung install dari perangkat

Cara paling mudah untuk menginstall Windows 11 adalah dengan membarui perangkat yang kamu gunakan saat ini. Dari laman web Download Windows 11, kamu bisa klik Download Now. Kemudian, ikutilah instruksi untuk mengunduh dan menginstall Windows 11 di perangkatmu.

2. Install Windows 11 dengan bantuan DVD atau USB Drive

Jika kamu mau menginstall Windows 11 di komputer lain, pilih ‘Download Now’ di bagian bawah ‘Create Windows 11 Installation Media’. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan terkait pengunduhan tool yang memformat sebuah USB Drive dan menginstall versi bootable dari Windows 11.

Untuk menginstall Windows 11 via USB, pastikan USB Drive kamu punya kapasitas penyimpanan sebesar 8GB dan jangan lupa untuk memindahkan data-data penting yang ada di USB Drive. Ikuti langkah-langkah di Media Creation Tool untuk membuat versi bootable di USB atau DVD. Kemudian masukkan DVD atau USB ke komputer yang ingin diinstall perangkat Windows 11.

Sebelum itu, pastikan bahwa kamu sudah melakukan booting di PC dari USB atau DVD. Cara ini bisa dilakukan dengan menekan tombol F2 atau F12 (tergantung merek) saat logo pabrikannya muncul di layar untuk membuka menu booting. Saat menu boot Sudah muncul, kamu bisa pilih mau booting dari USB atau DVD. Kemudian, tekan Enter. Dari sini, akan muncul installer Windows 11.