Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Followers Twitter

Sabineblog.com - Seperti yang Kita ketahui bersama, untuk menyingkirkan follower yang tidak diinginkan di Twitter sering kali Kita melakukan unblock terhadap akun tersebut. Tetapi saat ini Twitter sudah menyediakan alternatif cara lain, dengan fitur terbarunya yaitu menghapus daftar follower dari daftar pengikut.

cara menghapus followers twitter

Fitur hapus follower dari twitter ini memungkinkan pengguna menghapus follower atau pengikut akun Kita yang tidak dikehendaki. Namun akun yang di remove tersebut sudah tidak bisa melihat twit Kamu di timeline mereka. 

Misalnya ada seseorang yang tidak dikenal tiba-tiba menjadi follower di akun twiiter Kamu, dan Kamu tidak menginginkannya, tinggal gunakan fitur ini untuk menghapus akun tersebut dari daftar followers.

Bisa dikatakan fitur ini adalah memblokir secara halus (soft block), karena akun yang Kamu hapus dari daftar pengikut twitter tidak akan mendapatkan notifikasi bahwa akunnya sudah Kamu remove.

Fitur hapus follower ini sesungguhnya berbeda dengan Unfollow (berhenti mengikuti) dan juga berbeda dengan blokir akun.

Fitur "Remove Followers" ini hanya akan menghapus akun tertentu saja dari daftar pengikut di twitter Kamu.

Akun yang sudah di-remove tersebut tetap akan melihat statusnya "mengikuti atau follow" walaupun sebenarnya akun tersebut sudah dihapus, tetapi mereka tidak bisa melihat atau membaca twit Kamu di timeline mereka. Akun yang sudah di hapus tersebut tetap bisa mengirim Direct Message (DM) akun Kamu.

Fitur ini diluncurkan oleh pihak twitter sebagai bagian upaya dari twitter untuk memberikan banyak kontrol pada akun pengguna.

Sebelum melanjutkan sebaiknya Kamu perlu juga membaca tips twitter lainnya yaitu Cara Menambah Followers Twitter.

Cara Menghapus Followers Twitter Secara Manual 

Untuk menghapus followers twitter bisa dilakukan melalui browser. Karena fitur ini saat ini hany tersedia di PC atau Laptop saja.

Berikut ini cara untuk menghapus follower twitter dengan cara manual di PC atau laptop :

  • Buka aplikasi twitter di PC atau laptop melalui browser kesayangan Kamu
  • Login menggunakan akun twitter Kamu, kemudian pilih profile yang muncul pada halaman utama.

cara menghapus followers twitter

  • Kemudian klik tombol Followers yang ada pada kolom Profile, persisnya tepat berada dibawah Username dan Bio.
cara menghapus followers twitter

  • Tentukan follower yang ingin Kamu hapus dari daftar pengikut.
  • Jika sudah Kamu tentukan, langkah selanjutnya klik ikon tiga titik yang ada pada posisi di samping kanan tombol Following.
  • Nantinya akan muncul jendela pop-up kecil yang menampilkan beberapa opsi
cara menghapus followers twitter

  • Untuk menghapus akun dari daftar followers, Kamu bisa memilih opsi Remove This Followers pada pilihan menu yang tersedia.
  • Maka secara otomatis, akun twitter yang sudah dihapus barusan akan menghilang dari daftar followers Kamu.

Cara Menghapus Followers Twitter Menggunakan Aplikasi (Bisa Langsung Banyak)


Untuk bisa menghapus followers secara sekaligus atau banyak Kamu bisa memanfaatkan aplikasi android Unfollow Today.

Dengan aplikasi ini Kamu bisa menghapus followers yang tidak diinginkan tanpa harus masuk kehalaman profile terlebih dahulu, bagaimana caranya? langsung aja ikuti caranya dibawah ini.

1. Install aplikasi Unfollow Today pada ponsel android Kamu, bisa langsung diakses pada link google play berikut Unfollow Today.

cara menghapus followers twitter dengan aplikasi



2. Setelah terpasang login di aplikasi tersebut menggunakan akun twitter Kamu

3.  Setelah login, halaman pertama aplikasi akan menampilkan daftar orang yang Kamu folloe tetapi tidak memfollow balik. Untuk menghapus followers yang tidak diinginkan, masuk ke menu fans atau mutual friend. Pada menu fans adalah daftar follower yang tidak kamu follow balik, sedangkan pada menu mutual friend adalah daftar akun yang saling memfollow dengan akun Kita. Disini kamu pilih menu Fans.

cara menghapus followers twitter dangan aplikasi


4. Selanjutnya adalah memblokir akun followers tersebut. Untuk caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu tap dan tahan sebentar pada akun yang ingin diblock. Kemudian akan muncul beberapa menu ikon, pilih ikon Block. Ulangi step ini pada beberapa akun yang ingin Kamu hapus. 

cara menghapus followers twitter dengan aplikasi

5. Setelah Kamu melakukan blokir banyak followers, langkah selanjutnya adalah membatalkan blokir tersebut. Untuk membatalkan blokir tersebut caranya adalah buka menu blocked, Pada halaman blokir ini ketuk tanda silang pada setiap akun yang Kamu blokir tadi, nanti akan muncul tulisan Unblocked, yang artinya mereka sudah tidak lagi diblokir.

Cara menghapus followers twitetr dengan aplikasi


6.  Finish, dengan melakukan block dan unblock tersebut, seharusnya akun-akun tersebut akan terhapus dari daftar followers twitter Kamu.

PENUTUP

Demikian cara menghapus followers twitter, semoga bagi Kamu yang sedang membutuhkannya artikel ini berguna dan bisa dipraktekkan secara mudah.

Yang perlu dicatata untuk aplikasi Unfollow Today, adalah bukan aplikasi resmi dari twitter, jadi sebaiknya gunakan aplikasi tersebut terbatas hanya jika dibutuhkan saja.