Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Teknologi Bikinan Korut, No 3 Bikin Geleng-Geleng Kepala

Teknologi pengembangan dari Korea Utara

Sabineblog.com - Di balik ketertutupan masyarakatnya, ternyata Korea Utara juga mengembangkan sederetan teknologi canggih yang menjadi kebanggan nasional. Selain untuk kebanggaan, teknologi ini berperan sebagai alat propaganda. Apa sajakah teknologi bikinan Korut? Ini daftarnya!

1. Red Star

operating sistem red star dari korea utara

Korea Utara memiliki sistem operasi komputernya sendiri, yaitu OS Red Star. Ini merupakan sebuah sistem operasi yang dimodifikasi dari Linux. Selain hasil modifikasi dari Linux, tampilan OS Red Star di komputer juga mirip dengan sistem operasi macOS.

OS Red Star digunakan sebagai cara Korea Utara untuk mengawasi penduduknya dan informasi yang beredar. Sistem operasi ini mampu menandai semua file yang ada di dalamnya untuk mengecek distribusi file tersebut.

2. Smartphone Arirang

smartphone arirang dari korea utara

Selain punya sistem operasi sendiri, Korut juga mengembangkan smartphonenya sendiri yang diberi nama Arirang. Nama Arirang diambil dari judul lagu tradisional Korea. Smartphone Arirang resmi diluncurkan tahun 2013 oleh presiden Kim Jong Un.

Smartphone Arirang menjalankan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi serta berbentuk mirip dengan smartphone asal Tiongkok, Uniscope U1201. Untuk urusan komunikasi, smartphone Arirang menggunakan provider Koryolink.

3. Rudal Hwasong-15

rudal hwasong-15 buatan korea utara

Rudal Hwasong-15 bisa dibilang sebagai teknologi bikinan Korut yang paling canggih. Rudal balistik satu ini terdiri dari rudal jarak jauh dan beberapa rudal jarak dekat. Rudal Hwasong-15 yang paling baru ini diklaim bisa menyerang langsung markas militer Amerika Serikat.

4. Manbang Streaming

manbang streaming dari korea utara

Penduduk Korut menyaksikan program on-demand melalui Manbang Streaming. Manbang Streaming adalah layanan streaming on-demand yang diluncurkan tahun 2016. Bisa dibilang, Manbang Streaming adalah Netflixnya Korut.

Selain film lokal, penduduk juga bisa menyaksikan pelajaran bahasa Inggris dan Rusia. Namun, seperti kebanyakan layanan internet lainnya di Korea Utara, konten Manbang Streaming diawasi ketat oleh pemerintah.

5. Intranet Kwangmyong

intranet korea utara kwangmyong

Sebelumnya, masyarakat Korut tidak dapat mengakses internet. Solusinya, Korut meluncurkan sistem intranetnya sendiri, Kwangmyong. Intranet Kwangmyong memiliki sekitar 5000 situs yang tentu saja dikontrol oleh pemerintahan.

Intranet Kwangmyong digunakan di kantor pemerintahan, universitas, atau perpustakaan. Situs di intranet Kwangmyong berisi program propaganda pemerintah Korut dan beberapa aplikasi seperti messenger dan search engine.

6. Pyeonghwa Motors

pyeonghwa motor dari korea utara

Di bidang otomotif, Korea Utara punya pabrikan mobil Pyeonghwa Motors. Pyeonghwa Motors didirikan tahun 1999 atas hasil kerjasama antara perusahaan Korea Utara, Ryonbong General Corporation dan Sun Myung Moon Unification Church Korea Selatan.

Sayangnya pabrik mobil ini harus berhenti beroperasi di tahun 2012. Pemberhentian operasi disebabkan karena jumlah keuntungan yang tidak signifikan serta hanya dijadikan sebagai sarana diplomasi dengan negara tetangganya tersebut.