Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Status Last Seen WhatsApp Disembunyikan Sebagai Peningkatan Privasi

Sabineblog.com - Untuk peningkatan privasi, Whatsapp kini memiliki fitur baru yaitu dapat menyembunyikan status ‘online’ dan ‘last seen’ dari orang-orang yang belum menjadi kontak. Fitur ini sendiri sudah diterapkan oleh WhatsApp pada opsi My Contacts secara default.

menyembunyikan status last seen whatsapp

Tidak seperti fitur WhatsApp sebelumnya yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengguna, pengaturan privasi baru ini yang dapat melihat status online dari sebuah kontak kini bekerja secara otomatis. Ini berarti whatsapp akan menggulirkan fitur baru ini di belakang aplikasi dan pengguna hanya tinggal menggunakan fitur itu saja.

Seperti dilaporkan oleh WABetaInfo, Whatsapp sedang mengembangkan fitur privasinya dengan membatasi status online dan last seen dari nomor telepon asing yang tidak dikenal atau yang belum pernah berkirim pesan. Pihak WhatsApp juga mengonfirmasi adanya pembaruan untuk meningkatkan privasi.

Salah satu email yang muncul dari pihak dukungan WhatsApp menjelaskan cara kerja fitur terbarunya. Melalui email tersebut, pihak WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur terbarunya akan mempersulit orang-orang yang belum pernah berkontak dengan pengguna di WhatsApp untuk melihat status online dan last seen.

Sebenarnya, opsi ‘My Contacts’ di menu last seen sudah ada, Namun belum disetel menjadi default. Bahkan, WhatsApp juga sudah punya opsi Nobody yang mencegah semua kontak melihat status online seseorang. Namun, menurut pihak WABetaInfo mengungkapkan bahwa sejumlah aplikasi pihak ketiga dapat memengaruhi fitur ini.

Beberapa aplikasi seperti ini dapat melihat status online dari beberapa kontak, yang mungkin dapat mengawasi sedikit lebih ketat orang lain yang menggunakan WhatsApp. Dengan mengaktifkan opsi ‘My Contacts’ dapat mencegah aplikasi pihak ketiga melacak status online seseorang.

Fitur hide last seen di WA ini terbagi dalam dua opsi yaitu menyembunyikan sepenuhnya atau hanya orang yang tidak ada dalam kontak Anda. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan dalam hal menjaga privasi selama beraktivitas di Whatsapp.