10 Tips Cara Charge Baterai HP Android Agar Tahan Lama dan Cepat Penuh

Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur fast charging ternyata bisa juga loh mengisi daya baterai HP supaya lebih cepat penuh 100%. Kali ini penulis akan membahas tips agar supaya HP Android Kamu cepat terisi pada saat charging.

 

cara charge hp android

 

Terkadang saat mengisi baterai atau charging HP android menjadi aktivitas yang membosankan, karena Kamu akan menunggu lama agar baterai HP android terisi penuh, apalagi ketiksa saat Kita ingin menggunakannya baterai masih belum terisi.

Tetapi sebenarnya semua itu ada solusinya, ada banyak tips yang bisa digunakan agar supaya baterai HP android kamu cepat terisi saat charge baterai, walaupun HP android Kamu tidak mendukung fitur fast charging. Berikut Tips yang bisa dilakukan.

1. Charge Handphone Dalam Keadaan Mati

cara charge baterai hp android

 

Untuk mempercepat pengisian baterai Handphone sebaiknya pada saat di charge HP dalam keadaan mati. Hal ini dikarenakan apabila saat mencharge HP dalam posisi hidup, semua perangkat seperti RAM, Processor dan aplikasi yang ada pada HP akan menyedot daya baterai, sehingga pengisian baterai akan menjadi lebih lama.

2. Aktifkan Mode Pesawat Pasa Saat Charge Handphone

cara charge baterai hp android

 

Tips selanjutnya adalah Aktifkan mode pesawat atau airplane pada saat mengisi daya HP atau charge baterai. Karena dengan mode pesawat, semua jaringan dan konektivitas pada selular akan dimatikan.
Hal ini berpengaruh pada konsumsi baterai HP akan menjadi menurun, sheingga pengisia daya baterai HP Kamu akan lebih cepat dan efisien. Dengan cara mengaktifkan mode pesawat pada saat charge baterai HP Kamu bisa menghemat waktu 40% lebih cepat daripada ketika HP dalam kondisi normal.

3. Pergunakan Kabel dan Adaptor Yang Asli

cara charge baterai hp android

 

Pastikan saat charge baterai HP menggunakan adaptor dan kabel charger yang asli. Jangan gunakan adaptor dan kabel KW atau dari merk HP lain, karena hal ini akan membuat pengisian baterai lebih lama, selain itu juga bisa membuat baterai menjadi cepat rusak.

4. Nonaktifkan Paket Data

cara charge hp android

 

Apabila dalam pengisian baterai HP Kamu tidak ingin melakukan dalam kondisi mode Pesawat atau airplane, setidaknya untuk jaringan paket data, Wifi, GPS dan Bluetooth dimatikan.
Karena fitur konektivitas atau jaringan tersbut mengkonsumsi daya baterai cukup banyak, sehingga bisa memperlambat saat proses pengisian baterai.

5. Jangan Menggunakan Handphone Pada Saat Sedang di Charge

cara charge hp android

 

Ketika proses charge baterai HP berlangsung, dan sebaiknya jangan menggunakan HP tersebut. karena pada saat HP tersebut digunakan RAM, Processor dan layar tetap bekerja penuh, sehingga menyedot daya baterai cukup besar. Sehingga proses charge baterai akan menajdi lebih lama.
Sebaiknya Kamu bersaba menunggu hingga proses charge HP sampai penuh terlebih dahulu, agar lebih cepat terisi, baru menggunakan handphone tersebut.

6. Jangan Mengisi Daya baterai Di PC ataupun Laptop

cara charge hp android

 

Pengisian daya baterai menggunakan PC atau laptop pastinya akan lebih lama, dikarenakan kedua device itu hanya menyediakan setengah arus daya.
Oleh sebab itu jika ingin mengisi daya baterai HP dengan waktu yang singkat jangan mencharge HP pada perangkat PC atau Laptop, hal ini juga berguna supaya baterai HP menjadi lebih awet.

7. Jangan Pernah Mengisi Baterai dari 0% Hingga 100%

cara charge baterai android

 

Disarankan untuk mengisi daya baterai lebih cepat jangan pernah mengisi baterai dalam kondisi 0% hingga 100% karena akan lebih lama. Selain itu hal ini bisa membuat baterai HP berumur pendek dan performa menurun.
Bila hal ini dilakukan dalam jangka panjang, dikhawatirkan baterai akan sulit terisi penuh dengan cepat karena performa baterai yang sudah menurun. Sebaiknya mengisi daya baterai ketika kondisi masih di 50% dan berhenti pada saat baterai HP sudah mencapai 95%.

8. Nyalakan Mode Hemat Daya Ultra

cara chareg hp android

 

Hal ini bisa dilakukan bagi para pengguna HP Samsung. Kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya ultra atau ultra power saving pada saat charge HP. Ini bisa mempercepat pengisian daya HP Kamu, karena mode ini sama dengan mode Airplane, jadi pengisian daya HP bisa lebih cepat dan efisien.

9. Jangan Menggunakan Wireless Charging

cara charging hp android

 

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi sudah tersedia pengisian daya dengan media wireless tanpa menggunakan kabel. Charge baterai HP dengan menggunakan media wireless memang lebih praktis dan simple, namun perlu diketahui untuk transfer daya pengisian baterai HP masih tetap lebih efisien dan cepat dengan menggunakan media kabel.

10. Jangan Menggunakan Stop Kontak Kabel

cara charger hp android

 

Agar pengisian daya baterai HP lebih cepat jangan menggunakan stop kontak yang berfungsi otomatis melakukan pengisian daya. Sebaiknya tetap menggunakan adapter dan kabel untuk charge HP.
Dengan menggunakan stopkontak charger tidak saja membuat pengisian daya lebih lambat, tetapi juga bisa merusak atau memperpendek umur baterai.
Demikianlah 10 tips cara cepat pengisian daya baterai dari penulis, semoga bisa membantu para pembaca sekalian supaya bisa charge baterai lebih cepat dan bisa membuat baterai HP lebih awet atau tahan lama.
best seller lazada
About Author: