Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! Ini Dia Cara Bikin Baterai HP Tetap Awet

Sabineblog.com - Cara Bikin Baterai HP Tetap Awet memang sering dicari oleh banyak orang agar smartphonenya tidak cepat rusak. Selain itu, baterai yang awet akan mampu memaksimalkan kinerja smartphone secara maksimal.

tips agar baterai hp awet

Semakin awet baterai semakin besar potensi smartphone tersebut untuk tidak rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar smartphone tetap awet dalam waktu lama.

Tidak Menggunakan Saat Mengisi Daya

Menggunakan smartphone pada saat di charger akan membuat temperatur semakin naik. Jika hal ini terjadi maka tekanan pada baterai akan semakin tinggi sehingga akan menguras daya pada baterai.

Untuk itu, saat baterai sedang di isi Anda perlu menahan diri untuk tidak menggunakannya. Selain itu, pada saat di isi daya, hindari meletakkan smartphone di bawah bantal atau di bawah material isolator lain.

Menjaga Siklus Baterai

Kaitannya dengan menjaga siklus baterai ada yang beranggapan tidak boleh melakukan pengisian daya semalaman. Anggapan seperti ini salah karena untuk menjaganya Anda bisa mengisi baterai pada saat masih 40%.

Selanjutnya, Anda bisa mencabut kabel charger pada saat pengisian baru mencapai 80 persen. Cara seperti akan sangat efektif untuk menjaga siklus baterai dan juga punya potensi tidak merusak sistem di dalam smartphone.

Gunakan FItur Battery Saving

Hampir semua smartphone yang diproduksi sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur battery saving. Fitur ini perlu dimanfaatkan karena akan mampu menghemat daya baterai dan bisa membuatnya lebih tahan lama.

Untuk menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya secara manual agar bisa digunakan secara maksimal. Dengan fitur ini, seluruh proses pemakaian aplikasi di belakang background akan dihentikan secara otomatis.

Matikan Fitur Auto Update

Hampir semua smartphone yang beredar sudah dilengkapi dengan fitur auto update saat ada di jaringan Wi-Fi. Jika fitur ini diaktifkan maka akan menguras daya baterai sehingga membuatnya tidak bertahan lama.

Untuk itu, Anda bisa melakukan pengaturan di smartphone agar fitur auto update dihentikan. Dengan menonaktifkan fitur tersebut secara otomatis smartphone tidak akan melakukan auto download saat mengakses situs tertentu.

Hindari Overheat

Overheat atau smartphone dalam kondisi panas akan membuat baterai tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi ketika digunakan untuk bermain game atau editing video secara terus-menerus.

Untuk menghindarinya, Anda harus bijak dalam menggunakan smartphone dan pemakaiannya harus dibatasi. Ketika baterai sudah mulai panas maka hentikan bermain game atau aktivitas lain yang biasa dilakukan di smartphone.

Gunakan Walpaper Statis

Wallpaper statis adalah wallpaper yang biasanya digunakan pada saat baru selesai membeli smartphone. Wallpaper seperti ini memang tidak terlihat menarik karena gambarnya tidak menarik dan cenderung membosankan.

Meski demikian, wallpaper seperti ini akan mampu menghemat daya baterai dalam waktu yang lama. Lagi pula, mengganti wallpaper dengan yang lebih menarik tujuannya hanya untuk senang dan tidak membuat smartphone semakin awet

Itulah beberapa Cara Bikin Baterai HP Tetap Awet dan dan tidak boros untuk jangka waktu yang lama. Hindari berbagai hal yang bisa merusak baterai khususnya digunakan pada saat di isi daya.

Hal ini sering sekali dilakukan oleh banyak orang khususnya bagi yang memiliki hobi bermain game online. Pemakaian yang bijak akan membuat smartphone yang seharusnya sudah rusak tetapi masih tetap tahan lama.