Resmi atau Black Market? Ini Cara Cek IMEI Agar Smartphone Tidak Diblokir

Kabar yang sempat terdengar berapa waktu lalu mengenai IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah semua smartphone, entah itu Android atau pun IOS yang terbukti IMEI tidak terdaftar pada website Kemenperin akan diblokir karena IMEI sederhananya adalah identitas dari smartphone tersebut.
Jika smartphone terblokir maka smartphone itu tidak akan bisa menggunakan sinyal dari provider semua operator yang ada di Indonesia, smartphone tersebut tetap bisa digunakan dengan perantara wifi atau pun membeli internet roaming yang seperti kamu tahu akan merogoh kantong lebih banyak lagi. Mungkin dengan wifi yang gampang ditemui saat ini, smartphone yang terblokir tetap bisa digunakan tetapi jangan lupa smartphone tersebut tidak bisa digunakan untuk SMS mau pun telepon.

 

Resmi atau Black Market? Ini Cara Cek IMEI Agar Smartphone Tidak Diblokir
Pertama yang harus kamu ketahui terdapat tiga langkah yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kode nomor IMEI yang disematkan pada smartphone Android, antara lain:

Gunakan Kode Dial USSD

Langkah yang paling mudah adalah menggunakan kode dial USSD, seperti saat kamu mengecek pulsa pada umumnya. Caranya gampang cukup ketik *#06# pada aplikasi Dial, setelah itu pop up berisikan nomor IMEI akan muncul secara otomatis.

Dari Menu Pengaturan

Cara mudah selanjutnya adalah dengan membuka Pengaturan pada smartphone untul menemukan IMEI yang digunakan. Langkah awalnya buka Pengaturan lalu pilih opsi Tentang Ponsel. Setelab itu kamu pilih opsi Status dan opsi Informasi IMEI. Disana kamu akan menjumpai 2 nomor IMEI jika smartphone yang kamu gunakan memiliki fitur dual SIM.

Langsung Dari Smartphone

Selain itu kamu bisa menemukan IMEI yang umumnya ditempelkan dengan sticker pada sisi belakang smartphone. Sedangkan untuk smartphone yang memiliki baterai lepas pasang kamu dapat menjumpai IMEI tersebut ketika melepas baterai. Selanjutnya adalah cara mengecek IMEI berdasarkan tipe smartphone.

Kesimpulannya, Anda dapat memeriksa IMEI dengan beberapa cara untuk menghindari smartphone Anda diblokir. Anda bisa menggunakan USSD Dial Code, mengecek dari Menu Pengaturan, atau mengecek langsung dari smartphone.

About Author: