Cara Instal Printer Epson L210

Cara Install Printer Epson L210 dengan Benar By SabineBlog.com – Dengan harga yang cukup murah,  menjadikan printer buatan Epson yang satu ini sering diandalkan untuk kebutuhan mencetak dokumen. Printer Epson L210 adalah seri printer hebat yang juga dapat difungsikan mencetak foto. Yang menarik, instal printer Epson L210 ternyata juga mudah bahkan bagi pemula.

 

Cara instal printer epson l210

Instal Printer Epson l210

Epson L210 adalah printer kategori all in one yang dapat difungsikan mencetak, scan, maupun copy. Alat cetak berbobot 4 kg tersebut menawarkan kecepatan cetak dokumen hitam putih hingga 27 ppm (pages per minute). Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk instal printer Epson L210 :

  • Pertama yang harus disediakan adalah driver Epson L210. Driver ini berfungsi mengkoneksikan printer dengan laptop atau komputer dan juga pengoperasiannya. Pihak produsen biasanya telah menyertakan file driver dalam CD yang dimasukkan dalam kotak kemasan ketika membeli printer. Hanya saja dikarenakan jarang digunakan maka kemungkinan CD tersebut pun hilang atau kalau masih ada ternyata file di dalamnya sudah rusak. Karena itu driver Epson L210 dapat diperoleh dengan mengunduhnya dari internet.
  • Mengingat printer ini disertakan juga fungsi scan, maka pihak produsen pun menyiapkan dua macam driver untuk L210. Apabila pengguna akan menggunakan fitur cetak maka download driver printer, sedangkan apabila ingin juga menggunakan fitur scan dan copy maka dapat mendownload pula driver scanner. Unduh driver sesuai dengan sistem operasi Windows dan juga versi bit yang terpasang di laptop. Jadi ketika mendownload driver, cek bahwa telah memilih file driver sesuai OS laptop 32-bit atau 64-bit.
  • Klik kanan di file driver epson yang sudah didownload itu, kemudian klik pada pilihan “Run as administrator”.
  • Checklist “Set as default printer” selanjutnya tekan OK.
  • Untuk “Language” tentukan bahasa yang hendak dipakai, kemudian tekan OK
  • Checklist kolom kecil “Agree” selanjutnya tekan OK.
  • Nantikan prosesnya hingga tuntas.
  • Jika ditampilkan notifikasi bahwa instalasi selesai klik pada tombol OK.
  • Hingga di langkah ini, proses instal printer Epson L210 selesai. Printer sudah dapat dioperasikan. Akan tetapi supaya program driver bisa berfungsi dengan semestinya coba restart lebih dulu laptop sebelum difungsikan untuk print dokumen.
BACA JUGA  Download Driver Epson l3110

 

Kelebihan Printer Epson L210

 

Ada sejumlah kelebihan yang coba ditawarkan Epson L210 sehingga menjadikannya menjadi favorit banyak orang. Untuk mengakomodasi kebutuhan mencetak dokumen, beberapa kelebihan Epson L210 adalah :

  • Dimensinya ringkas dan kompak. Printer yang satu ini menawarkan ukuran 461 x 215 x 130 mm yang bobotnya cuma 2, 4 kg saja. Itu artinya Epson L210 tak memerlukan banyak tempat dan cukup pas ditaruh di atas meja berdampingan dengan laptop. Ingat jika tabung tinta Epson L210 ini terletak di sebelah kanan, oleh karena itu hendaknya jika printer ini diposisikan di sisi kanan meja agar memudahkan ketika mengisi tinta printer.
  • Untuk penggunaan tinta, Epson L210 cukup hemat. Efisiensi penggunaan tinta dari Epson L210 adalah peningkatan kemampuan dari seri sebelumnya, Epson L121. Printer Epson L121 terbukti menjadi printer yang cukup irit hanya membutuhkan biaya sekitar Rp.30 setiap lembar berwarna. Menjadi suksesor dan telah melewati banyak perbaikan kualitas tentu L210 akan makin hemat lagi. Tabung tinta yang terpasang pada printer Epson L120 berkapasitas 40 ml per warnanya. Ada 4 tabung tinta yang digunakan yaitu Cyan, Magenta, Kuning, dan Hitam.

Harga Printer Epson L210

Berapa harga printer epson l210 saat ini di pasaran? Saya cek harga printer ini adalah sekitar 1.3 jutaan. Silakan cek gambar berikut ini untuk melihat detil harganya dan untuk membelinya:

Harga printer epson l210