Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Aplikasi Absensi yang Jarang Diketahui

aplikasi absensi

Penggunaan Aplikasi Absensi dalam perusahaan modern kian populer. Hal ini bukan tanpa alasan. Penggunaan absensi manual sangat rumit dan menyita banyak waktu dalam hal perekapan data. Sistem keamanannya pun tak terjamin sehingga rentan terjadi pemalsuan data kehadiran. Jadi, perusahaan pun akhirnya lebih memilih aplikasi absensi dibandingkan absensi  manual. Banyak orang selama ini mengira bahwa fungsi utama dari aplikasi absensi hanyalah untuk mencatatkan kehadiran dan pulang karyawan di kantor. Padahal, ada banyak fungsi lain yang sangat berguna bagi perusahaan yang jarang diketahui banyak orang. 

Fungsi Tersembunyi Aplikasi Absensi


Aplikasi absen atau yang sering dikenal mobile attendance didukung oleh sistem yang terintegrasi dan menghasilkan data yang real time saat itu juga ketika karyawan melakukan pencatatan kehadiran dan pulang. Saat karyawan melakukan pencatatan kehadiran dan pulang, saat itu pula data langsung dapat dilihat oleh HRD dengan detail hingga ke menitnya. Data yang langsung tersimpan didukung oleh cloud based server yang semakin memperkuat keamanan data absensi. Ada beberapa fungsi lain dari aplikasi absensi selain fungsi utamanya, yaitu pencatatan kehadiran. Apa saja fungsi yang tersembunyi tersebut? 

Deteksi produktivitas


Karyawan adalah kunci perusahaan dalam menjalankan operasional bisnis. Semakin produktif karyawan, semakin baik operasional perusahaan. Produktivitas karyawan dapat dilihat dari ketepatan waktu dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi cenderung datang tepat waktu sesuai jam kerja dan menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sesuai deadline. Sebaliknya, karyawan yang tidak tepat waktu dan sering terlambat adalah indikasi awal bahwa karyawan mengalami penurunan produktivitas. Hal ini dapat dilihat melalui aplikasi absensi dengan membandingkan kehadiran masing-masing karyawan dari satu hari ke hari sebelumnya. 

Landasan pengambilan keputusan


Data absensi juga bisa dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Seperti penjelasan di atas, produktivitas karyawan dilihat dari jam kehadirannya. Apakah karyawan yang sering datang terlambat memiliki masalah dalam transportasi? Mengapa karyawan yang selalu datang pagi terkadang masih sulit menyelesaikan tugasnya tepat waktu? Perusahaan pun bisa menentukan evaluasi, strategi dan keputusan mengenai karyawan tersebut. 


Penyedia Data untuk Payroll


Data kehadiran berpengaruh penggajian atau payroll bulanan. Bila karyawan sering bolos kerja, maka gaji yang diterima pun akan berkurang. Ini adalah kegunaan aplikasi absensi dibagikan absensi manual. Berbeda dengan absensi manual yang harus direkap dan di-input satu-satu, data pada aplikasi absensi dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi payroll sehingga bisa langsung diproses untuk payroll. Proses payroll pun berjalan lebih cepat dan tepat sehingga karyawan menerima gaji tepat waktu. 

Aplikasi Absensi LinovHR untuk Perusahaan 


Aplikasi absensi sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki karyawan dengan mobilitas tinggi. Manajemen  HRD dapat memantau data absensi karyawan hanya dari 1 aplikasi. Berbagai macam pilihan aplikasi absensi di luar sana membuat perusahaan bingung memilih mana yang paling cocok untuk perusahaan mereka. Tak perlu bingung, LinovHR hadir untuk memenuhi perusahaan atas aplikasi absen yang berkualitas. Tampilan antar muka aplikasi absensi dari LinovHR didesain khusus agar mudah dipahami dan digunakan oleh siapa saja. Tinggalkan kerumitan pada absensi manual dan nikmati berbagai macam fungsi otomatis dari aplikasi absensi!