Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Google Form yang Maksimal

 

cara membuat google form

Google Form, begitulah namanya. Sebuah layanan dalam pembuatan formulir atau kuesioner online yang disediakan Google.  Layanan ini bersifat gratis dan tentunya sangat mempermudah segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan data.

Kehadiran Google Form ibarat penyelamat bagi banyak orang dalam menjaga keabsahan dan keamanan sebuah data, apalagi di era yang serba mudah ini Google Form tentu saja menjadi tools yang paling kekinian dari berbagai kalangan, mulai dari komunitas, lembaga, ataupun perorangan.

Tidak hanya itu, Google Form juga bisa digunakan untuk ulangan online, formulir pendataan, pengisian kuis, registrasi, dan masih banyak kegunaan lainnya yang membuat banyak orang lebih memilih Google Form.

Siapa pun telah mengakui bahwa pemanfaatan Google Form ini sangat praktis dan tidak harus menghabiskan banyak kertas lagi untuk mencetak (print) kuesioner yang tidak hanya membutuhkan biaya, tetapi juga membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya.

Nah, untuk menghindari semua ke-tidak-praktisan itu, kamu atau siapa pun itu harus mengetahui bagaimana cara membuat Google Form agar kebutuhanmu mengenai pengisian survei dapat dilakukan dengan mudah.

Syarat Membuat Google Form

syarat membuat google form

Sebelum beranjak ke cara mudah membuat Google Form, tentu saja kamu harus mengetahui dulu syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk membuat Google Form agar dalam proses pembuatan akan jauh lebih mudah.

Penasaran apa saja syarat-syaratnya? Berikut di bawah ini penjelasannya!

1. Koneksi internet

Ya, siapa pun pasti tahu untuk mengakses Google tentu harus membutuhkan koneksi internet. Sama hal nya saat akan membuat Google Form, koneksi internet adalah modal utama dalam proses pembuatan Google Form.

2. Akun Google

Untuk bisa membuat Google Form, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Agar lebih memudahkanmu, gunakan saja alamat email yang kamu miliki saat ini. Dengan begitu, proses pembuatan Google Form akan jauh lebih mudah.

Nah, itu dia syarat pembuatan Google Form yang sangat simpel. Tidak membutuhkan waktu yang lama dan caranya pun sangat sederhana.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

cara membuat google form dengan mudah


Jika kamu belum mengetahui bagaimana caranya, kamu hanya cukup mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini dengan mudah:

Langkah 1:

  • Pertama, login akun Google yang kamu miliki terlebih dahulu. Jika sudah terhubung, lewati saja langkah yang pertama ini.

Langkah 2:

Langkah 3:

  • Pilih menu (strip tiga garis) yang berada di sebelah kiri atas.

Langkah 4:

  • Jika sudah, pilih menu 'Form' dan kamu akan dibawa menuju halaman Google Form atau bisa langsung akses ke docs.google.com/forms/u/0/

Langkah 5:

  • Di bagian atas telah tersedia beberapa template, jika ingin memulai yang baru, kamu tinggal pilih blank dengan ikon '+'

Langkah 6:
• Kemudian, isilah judul Google Form yang diikuti dengan deskripsi di bawahnya.

Langkah 7:

  • Di tahap ini, buat daftar pertanyaan beserta dengan model jawab yang kamu inginkan. Baik itu jawaban singkat, multiple choice, checbox, atapun paragraf. (Sesuaikan dengan kebutuhanmu)

Langkah 8:

  • Jika ingin menambah model pertanyaan baru, klik saja tanda '+' yang ada di bagian kanan.

Langkah 9:

  • Agar bisa mendapatkan data respon berbentuk spreadsheet, masuk ke tab respons di bagian atas, lalu klik saja logo spreadsheet hang berwarna hijau. Setelah itu, klik 'Create' dan otomatis akan membuat file spreadsheet.

Langkah 10:

  • Terakhir, kirim Google Form dengan menekan menu 'Send' di bagian kanan atas. Bisa melalui email ataupun link yang tersedia di dalam tab link.

Bagaimana? Mudah banget untuk diikuti, kan? Dan jika nanti orang-orang telah berhasil mengisi form yang kamu buat, maka spreadsheet akan otomatis terisi dengan data-data tersebut.

Cara Membuat Tampilan Google Form Agar Lebih Menarik

cara membuat google form agar lebih menarik


Jika kamu ingin visualisasi dari Google Form yang kamu buat tampak lebih menarik, tentu saja ada beberapa cara mudahnya yang dapat kamu ikuti. Dan di bawah inilah langkah-langkahnya:

Langkah 1:
• Pertama, klik menu 'Customize' guna mengubah tampilan Google Form agar sesuai dengan yang kamu inginkan.

Di menu tersebut, kamu bisa mencoba dan melakukan 4 hal ini:

- Mengubah gambar atau tampilan header
- Mengubah theme colour
- Mengubah background colour
- Mengubah jenis tulisan

Sesuaikan saja seperti apa bentuk tampilan Google Form yang kamu inginkan. Mulai dari header, tema warna, warna background, hingga jenis tulisan.

Jangan khawatir, jika kamu telah menyesuaikan dan mengatur seperti apa nanti tampilan Google Form yang dibuat, kamu pun bisa melihatnya terlebih dahulu sebelum di-save dengan cara klik menu 'Preview' yang berada di bagian kanan atas. Sehingga kamu bisa melihat seperti apa tampilan Google Form yang nantinya akan di-share ke orang-orang.

Beberapa Menu Penting yang Ada di Google Form

menu penting yang ada pada google form


Saat membuat Google Form, pasti kamu melihat ada beberapa menu yang berada di bagian kanan. Nah, perlu digaris bawahi, menu-menu tersebut memiliki arti beragam yang tentunya sangat penting untuk diketahui.

Adapun beberapa menu penting tersebut memiliki beragam fungsi sebagai berikut:

1) Icon '+' berfungsi sebagai menu untuk menambahkan model pertanyaan.

2) Icon dokumen dengan panah berfungsi untuk mengekspor ataupun impor pertanyaan.

3) Icon 'Tt' berfungsi untuk pembuatan judul beserta deskripsi baru.

4) Icon gambar berfungsi untuk menambahkan gambar.

5) Icon 'play button' berfungsi untuk menambahkan video pada form.

6) Terakhir, icon dua garis horizontal berfungsi untuk menambahkan section pada form.

BONUS: Cara Melihat Respon dari Orang yang Sudah Mengisi Google Form

cara melihat respon orang yang sudah mengisi google form

Jika sudah berhasil membuat dan membagikan Google Form pada orang-orang yang kamu inginkan, tentu saja kamu pun harus mengetahui bagaimana cara melihat respon dari orang-orang yang sudah mengisi Google Form yang telah dibuat.

Nah, untuk mengetahui semua itu, berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1:

  • Pertama, jika kamu melihat 2 tab yaitu menu 'Questions' dan 'Responses', maka langsung saja klik tab 'Responses'.

Langkah 2:

  • Jika sudah, maka jawaban dari orang-orang akan muncul pada halaman yang berada di tab ini.

Begitulah bagaimana cara melihat respon dari orang-orang yang mengisi Google Form yang kamu buat. Mudah banget dan tentu saja dengan sekali langkah pun kamu bisa mencobanya.

Demikianlah cara membuat Google Form yang akurat dan maksimal. Beberapa cara di atas bisa kamu coba untuk membuat formulir kuis, survei, registrasi, ataupun pengisian data lainnya. Selamat mencoba.