Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Handphone Mati Sendiri yang Perlu Diketahui

Ketika Handphone mati sendiri memang hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi ketika matinya pada saat ponsel sedang digunakan untuk pekerjaan yang penting. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang penyebab handphone mati sendiri yang perlu diketahui oleh pengguna.

penyebab handphone mati sendiri

Ada banyak penyebab ponsel mati sendiri yang harus diwaspadai. Jangan sampai peristiwa ini membuat data yang ada di dalamnya menjadi hilang. Nah, sebelum melakukan perbaikan, ada baiknya ketahui apa penyebab Handphone mati sendiri.

1. Terlalu Banyak Sampah Aplikasi

Penyebab handphone mati total adalah terlalu banyaknya sampah aplikasi di dalam ponsel. Ini yang membuat koneksi menjadi terhambat sehingga perangkat menjadi lemot parah bahkan macet. Jika dipaksa tentu smartphone akan mati tanpa proses booting.

Sekalipun sangat menjengkelkan, tetapi kasus ini terbilang ringan. Bahkan hanya dengan dilakukan restart saja, biasanya ponsel akan hidup kembali. Namun pastikan setelah ponsel kembali normal segera bersihkan sampah aplikasi dengan menggunakan software cleaner.

2. Ada Kerusakan Pada Sistem Software

Jika ingin ponsel tidak mati sendiri pastikan saat mengunduh aplikasi selesaikan terlebih dahulu jangan terburu membuka aplikasi yang lain. Sebab, file aplikasi pihak ketiga yang tidak lengkap, biasanya berujung pada crash yang membuat koneksi processor tidak bekerja dengan baik. 

Akibatnya jika tidak ponsel mati sendiri, aplikasi malah macet dan tidak bisa digunakan. Kasus ini juga berlaku pada user yang sering mengunduh aplikasi tidak kompatibel dengan spesifikasi ponsel. 

Tentu saja security system akan menolaknya bahkan akan dianggap sebagai perangkat berbahaya. Jadi wajar kalau kasus ini menjadi penyebab HP tiba-tiba restart sendiri.

3. Proses Rooting yang Asal-asalan

Akibat proses rooting yang asal-asalan. Ini adalah resiko yang paling berbahaya karena potensi merusak smartphone juga sangat besar. Maka dari itu, jika tidak ada hal yang penting, jangan lakukan root atau user akan menyesal.

Tidak dimungkiri rooting diperlukan untuk aktivitas tertentu. Seperti untuk memasang aplikasi kerja yang membutuhkan memori cukup tinggi. Akan tetapi kalau proses rooting dilakukan oleh pemula, tentu kerusakan mesin bisa saja terjadi.

4. Mesin Terlalu Panas

Sebagian besar pengguna menggunakan ponsel sebagai alat untuk bermain game. Bahkan jika sedang bermain, mesin panas pun dibiarkan yang penting permainan tidak terganggu. Padahal peristiwa ini bisa membuat penyebab handphone sering mati sendiri bahkan rusak.

Maka dari itu, jika tidak ingin mengalami masalah seperti ini, gunakan hp dengan tidak berlebihan. Boleh bermain game tetapi yang sekiranya tidak membuat ponsel overheat. Jika pun ingin bermain permainan dengan puas pilih perangkat yang memang khusus gaming.

5. Hardware Aus Karena Usia

Penyebab yang terakhir adalah hardware sudah aus karena usia. Biasanya kasus ini menimpa ponsel yang sudah berumur 5-10 tahun. Makanya jika user memiliki handphone dengan usia seperti di atas berarti wajar kalau mati sendiri.

Ini juga berlaku pada user yang suka membeli ponsel second. Silahkan tanyakan dahulu sudah berapa tahun ponsel tersebut digunakan dan berapa kali dilakukan perbaikan. ini untuk mencegah perangkat mati sendiri padahal baru beberapa kali dipakai.

Itulah beberapa penyebab handphone mati sendiri yang perlu diwaspadai. Jika masalah ini dialami segera lakukan perbaikan supaya perangkat bisa digunakan lagi. Kalau perlu beli perangkat baru jika perbaikannya memakan biaya yang sangat mahal.

Cari Artikel