Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Handphone Lemot Versi Android

Penurunan performa ponsel akan terasa setelah kita menggunakan HP tersebut selama bertahun-tahun. Tanda utama nya adalah kinerja baterai yang mulai menurun, pun HP yang mendadak lemot. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara mengatasi handphone lemot terampuh 2021!

Namun jangan salah kaprah, penyebab HP lemot tak melulu karena lamanya penggunaan ponsel tersebut. 

Cara Anda merawat dan menggunakan benda satu ini juga memiliki peran yang cukup penting. Apalagi smartphone sekarang ini memiliki performa dan kapasitas yang berbeda-beda, itu mengapa Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi HP yang lemot. Jadi Anda tak akan dibuat emosi bila hal ini terjadi. 

1. Perhatikan Jumlah Memori

Setiap ponsel pintar memiliki kapasitasnya masing-masing. Diantaranya ada RAM, baterai hingga memori internal yang berperan penting dalam performa ponsel. 

Tak heran jika memori internal Anda tinggal sedikit, otomatis smartphone menjadi lemot. Nah, cara mengatasi handphone yang lemot kali ini sebaiknya perhatikan penyimpanan pada memori internal. Anda harus menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan kapasitas memori yang dimiliki. Mudah bukan?

2. Rutin Bersihkan Cache Data

Cara mengatasi handphone lemot dan panas selanjutnya adalah dengan menghapus data cache. Sekedar informasi, cache merupakan penyimpanan sementara yang sebelumnya pernah digunakan. Melalui cache, Anda bisa membuka aplikasi dengan cepat. 

Sayangnya dibalik itu semua, cache yang tak dibersihkan dapat membuat ponsel pintarmu menjadi lemot. 

Untuk itu, sebaiknya bersihkan secara berkala dengan masuk ke setting-apps-all, lalu pilih aplikasi yang ingin dibersihkan sampahnya, lalu klik clear cache. 

3. Tambahkan Slot Memori Eksternal

Jika penyimpanan pada memori internal mu sudah penuh, namun tak ingin menghapus penyimpanan internal, sebaiknya tambahkan slot memori eksternal.

Setelah memori eksternal berhasil dipasang, Anda bisa memindahkan beberapa data pada memori tersebut. Misalnya video, foto hingga data screenshot yang banyak memakan ruang penyimpanan.

Namun jangan lupa, setting terlebih dahulu penyimpanan data dari memori internal ke eksternal. Dengan begitu, otomatis data akan tersimpan sebagaimana mestinya. 

4. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Dengan ragam aplikasi menyenangkan dari play store, terkadang membuat kita impulsif dan langsung memasang banyak aplikasi. Sayangnya hal ini tidak didasari dengan performa handphone, sehingga HP menjadi lemot.

Melihat hal ini, sebaiknya gunakan satu aplikasi agar hp tidak lemot. Ini karena aplikasi yang kurang penting tersebut, lambat laun membuat kecepatan smartphone jadi berkurang.

5. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Jika Anda salah satu pengguna pihak ketiga berupa antivirus, sebaiknya jangan memasangnya terlalu banyak. Mengapa demikian? karena aplikasi ini terus berjalan di background. 

Jika hal ini dibiarkan, otomatis RAM menjadi boros dan memengaruhi kecepatan Android. Bisa dibayangkan bila ternyata Anda menginstal aplikasi antivirus lebih dari satu bukan?

6. Matikan Auto Sync

Untuk terhubung pada semua akun yang terpasang, memang harus mengaktifkan fitur Auto-Sync. Sayangnya hal ini akan mempengaruhi kinerja ponsel dan berakhir dengan HP yang lemot. 

Mematikan fitur ini tentu akan berdampak pada aplikasi kalender dan email. Namun, Anda bisa mengatur otomatis ponsel Android mu agar tetap terhubung di waktu yang tepat. Maka sistem ini akan mati di jam-jam santai. 

7. Kurangi Widget

Ya, widget memiliki peran untuk memudahkan penggunanya mengakses cepat aplikasi tanpa harus membuka nya. Widget sendiri akan terpasang pada menu utama ponsel pintarmu. Misalnya jam, weather dan lain sebagainya. 

Melihat hal ini, sebaiknya gunakan widget sebijak mungkin agar HP mu tidak lemot mendadak!

Jika suatu saat Anda mengalami HP yang lemot, jangan langsung emosi. Coba cari tahu dulu masalahnya dan lakukan cara mengatasi handphone lemot. Semoga mencoba!

Cari Artikel