Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aplikasi Perekam Layar Laptop Ringan dan Gratis Digunakan

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan berkaitan dengan merekam aktivitas gaming, live streaming, hingga video call membuat banyak orang membutuhkan aplikasi perekam layar laptop untuk memudahkan segala kegiatan yang akan dilakukan. 

aplikasi perekam layar laptop

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini telah banyak aplikasi perekam layar laptop yang bermunculan dengan menawarkan berbagai fitur unggulannya. Namun, satu hal yang tidak boleh dilupakan, yakni besarnya kapasitas RAM laptop yang dibutuhkan jika menginstal aplikasi tersebut.

Pasalnya, kita tidak bisa menginstal aplikasi perekam layar laptop seenaknya. Sebab jika kapasitas RAM nya terlalu besar, maka akan berpengaruh kurang baik juga pada laptop. Sebab itu, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai beberapa aplikasi perekam layar laptop yang ringan dan gratis untuk digunakan.

Aplikasi Perekam Layar Laptop Gratis dan Terbaik

1. Bandicam Screen Recorder

aplikasi perekam layar laptop bandicam

Kualitas merekam video hingga 4K UltraHD menjadi salah satu alasan mengapa Bandicam Screen Recorder bertengger di nomor satu sebagai aplikasi layar laptop paling ngetop. Menariknya, meskipun aplikasi ini menawarkan kualitas yang tinggi akan tetapi kapasitas ruang yang dihasilkan tidak turut serta menjadi besar juga, melainkan ukuran file hasil rekaman justru akan lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi perekam layar lainnya.

Tak cukup sampai di situ saja, Bandicam Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar laptop yang memiliki popularitas sangat tinggi untuk merekam dalam framerate serta bitrate yang tinggi. Dengan demikian, kualitas video yang kamu hasilkan akan terlihat tajam dan jernih tanpa hasil file yang besar.

2. Action

aplikasi perekam layar laptop Action

Untuk kamu yang gemar melakukan live streaming di YouTube maupun Facebook, maka solusi terbaiknya yaitu dengan memilih aplikasi layar laptop Action. Tak hanya unggul dengan satu fiturnya, melainkan unggul dari berbagai fitur.

Salah satunya, fitur esensial yang berfungsi untuk merekam suara atau video yang bisa kamu temukan dalam aplikasi yang satu ini. Di samping itu, ada juga fitur untuk mengambil gambar secara cepat dan real-time untuk kamu yang ingin membuat video tutorial dengan cara mengambil screenshot dalam jumlah yang cukup banyak.

3. Open Broadcaster Software

aplikasi perekam layar laptop Open Broadcaster Software

Dikemas dengan antarmuka yang sederhana tetapi elegan, Open Broadcaster Software (OBS) menjadi salah satu aplikasi perekam layar laptop paling rekomendasi saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini sangat kaya akan fitur seperti merekam layar desktop, merekam suara dari internal atau eksternal microphone, maupun merekam lewat webcam.

Selain itu, aplikasi populer ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa digunakan tanpa adanya watermark. Dengan begitu, kamu bisa melakukan live streaming sesuka hatimu untuk dibagikan ke platform Facebook, Twich, YouTube, dan yang lainnya tanpa perlu khawatir terkendala watermark yang menjadi salah satu alasan video terlihat kurang profesional.

4. ShareX

aplikasi perekam layar laptop ShareX

Khusus untuk kamu yang laptopnya telah support Windows 10, maka sangat direkomendasikan untuk memilih ShareX sebagai salah satu aplikasi perekam layar laptop yang didukung dengan keberagaman fitur menarik dan unik. Terbukti dari fitur perekaman layar yang tanpa batas waktu, sebelum pada akhirnya kamu dapat menyimpan video ke dalam format GIF.

Jika Bandicam Screen Recorder terdapat watermark sepanjang hasil perekaman video, maka dengan menggunakan ShareX kamu akan terbebas dari watermark dan iklan yang ada. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, ShareX ini memiliki keunggulan selangkah lebih depan dan unggul. Sehingga tak heran jika banyak orang memilihnya sebagai software untuk menunjang kebutuhan live streaming dengan rentang waktu yang lama. 

5. WM Capture

aplikasi perekam layar laptop WM Capture

Memiliki sedikit perbedaan dari aplikasi perekam layar lainnya, WM Capture menyuguhkan fitur pengaturan jadwal kapan layar laptop memulai rekaman. Hal ini tentu saja memudahkanmu untuk melakukan perekaman layar tanpa harus repot menekan kembali tombol Record yang ada di dalamnya.

Sementara itu, untuk hasil video bisa kamu simpan dengan berbagai pilihan format diantaranya WMV, MPEG, DVD-ISO, AVI, dan yang lainnya. Di tahap ini bisa kamu sesuaikan dengan spesifikasi laptop serta kebutuhan format video yang kamu inginkan.

6. FlashBack Express Free

aplikasi perekam layar laptop FlashBack Express Free

Tak kalah populer dari aplikasi lainnya, pernahkah kamu mendengar aplikasi FlashBack Express Free yang disebut-sebut memiliki banyak keunggulan dari berbagai sisi untuk dapat menghasilkan rekaman video yang jernih dan bagus? Pasalnya, meskipun bisa digunakan dengan versi gratisan, namun tidak sama sekali mengurangi kualitas video.

Tak peduli seberapa lama kamu akan melakukan perekaman layar atau live streaming, dengan aplikasi yang satu ini kamu dapat melakukannya tanpa ada limit waktu perekaman. Dengan demikian, hal ini merupakan suatu kelebihan yang tidak bisa ditemukan pada aplikasi perekam layar laptop lainnya. Tak lupa juga dengan watermark yang tidak akan kamu temukan di dalamnya.

7. Ezvid Video Maker

aplikasi perekam layar laptop Ezvid Video Maker

Untuk kamu yang mungkin sering lupa menekan tombol 'Save' sesaat selepas merekam layar laptop, maka inilah aplikasi yang paling cocok bagimu. Ya, Ezvid Video Maker yang dilengkapi dengan fitur Auto save sehingga bilamana sewaktu-waktu kamu lupa menekan tombol 'Save' atau mungkin tiba-tiba laptopmu mati, maka hasil perekaman video akan tersimpan secara otomatis.

Dari sisi keunggulan lainnya juga kamu bisa memanfaatkan fitur voice synthesis yang dapat digunakan untuk menjernihkan kualitas audio bilamana saat kamu merekam layar terdengar suara bising dari luar atau suaramu tidak terdengar jelas, maka gunakanlah aplikasi Ezvid Video Maker ini.

8. Atomi Active

aplikasi perekam layar laptop Atomi Active

Mengusung resolusi video High Definition (HD) diiringi fitur shadow yang dapat memberikan efek bayangan pada hasil rekaman merupakan salah satu kelebihan paling menonjol dari aplikasi perekam layar Atomi Active.

Namun, sebenarnya tak hanya itu saja, aplikasi ini pun bebas akan watermark dan kamu dapat memberikan sentuhan efek warna untuk menambah saturasi warna atau kecerahan pada video yang mungkin saja memiliki kualitas minim cahaya. Tidak hanya orang lain saja, kemungkinan besar kamu pun akan merasa sangat puas jika memilih Atomi Active sebagai tools untuk merekam layar laptop.

9. XSplit Gamecaster

aplikasi perekam layar laptop Xsplit gamecaster

Melalui aplikasi XSplit Gamecaster kamu akan menemukan satu kelebihan yang dijamin tidak akan ditemukan pada aplikasi lainnya, yakni aplikasi ini dapat mengetahui tipe beserta spesifikasi laptop yang kamu gunakan. Dengan demikian, aplikasi dapat menyesuaikan sisi pengaturannya sendiri untuk menghasilkan rekaman layar terbaik. 

Di samping itu, dengan aplikasi ini juga kamu tidak memerlukan aplikasi editing video tambahan untuk mengedit hasil rekaman layar, sebab selepas proses perekaman layar berakhir, maka kamu bisa langsung mengedit serta mempercantik hasil rekaman layar dengan memanfaatkan sejumlah fitur menarik di dalamnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa aplikasi perekam layar laptop yang saat ini banyak digunakan orang-orang dari berbagai kalangan. Mulai dari gamers, YouTuber, hingga kebutuhan pembuatan video tutorial untuk tugas perkuliahan.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.