Tutorial Cara Melakukan Factory Reset di HP Android Terbaru 100% Work

Tutorial Cara Melakukan Factory Reset di HP Android Terbaru 100% Work

Factory reset adalah sebuah proses di mana HP android yang Anda miliki dikembalikan fungsinya seperti awal ketika Anda baru membeli Hp tersebut. Proses ini dilakukan agar performa HP Anda kembali seperti baru. Namun, sebelum melakukan factory reset di HP android, ada baiknya Anda melakukan back up data terlebih dahulu agar data yang telah Anda miliki tidak hilang begitu saja.

Cara Melakukan Factory Reset di HP Android Terbaru 100% Work

Setelah Anda melakukan back up data atau pemindahan semua data yang ada di HP Android, maka bersiaplah untuk proses selanjutnya. Beberapa cara berikut bisa Anda jadikan pilihan dalan mereset HP android.

1. Buka Menu Setting

Cara yang pertama adalah dengan cara membuka menu setting, selanjutnya nbuka menu back up, lalu reset menu personal. Setelah itu tap factory reset yang berada di bawah menu personal data. Baca terlebih dahulu informasi yang muncul, kemudian tekan reset phone.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Setelah muncul peringatan bahwa proses tersebut akan menghapus semua data dari penyimpanan, maka setujui saja proses tersebut. Baru setelah semua data terhapus, Anda bisa kembali merestart agar HP Anda bisa kembali digunakan.

2. Melalui Recovery Mode

Factory reset di HP android ini bisa dilakukan dengan menekan tombol-tombol yang ada di HP Anda. Pertama-tama, matikan HP terlebih dahulu, lalu tekan dan tahan tombol volume bagian atas dan power secara bersamaan hingga HP Anda menyala kembali.

Selanjutnya tekan dan tahan tombol volume bagian bawah, lalu pilih factory reset. Setelah itu tekan tombol power pada factory reset, sampai di sini ponsel Anda akan mulai melakukan penghapusan data dan aplikasi. Tunggulah hingga benar-benar selesai dan kembali ke sistem pabrikan awal.

Setelah sistem kembali ke pabrikan awal, segera reset HP Anda dengan mematikan HP sejenak lalu nyalakan kembali. Jika HP Anda menjadi kurang responsif, maka matikan kembali HP, lalu buka baterai HP. Setelah itu pasang kembali baterai lalu nyalakan kembali HP Anda. Itulah cara kedua factory reset di HP Android.

3. Dengan Dial Khusus

Cara selanjutnya bisa juga dengan melakukan dial khusus. Anda bisa mencobanya dengan salah satu kode ini : *2767*3855# untuk hard reset dan *#*#7780#*#* untuk soft reset, maka HP Anda akan langsung menghapus data. Setelah selesai silahkan restart kembali HP anda.

4. Jika HP Dicuri atau Hilang

Cara factory reset di HP android ini bisa dilakukan apabila HP Anda dalam kondisi dicuri atau hilang, Anda bisa melakukannya dengan cara seperti ini. Pertama-tama masuk ke website https://www.google.com/android/find, lalu masukkan email Anda yang juga merupakan email yang ada di HP android tersebut. Setelah itu Anda bisa langsung memilih “erase”. 

Atau jika akun email Anda adalah gmail dan sudah masuk di google chrome, maka langsung cari di mesin pencarian google dengan kata kunci “find my device”. Kemudian buka google.com/android/find, lalu pilih opsi erase.  

Itulah beberapa pilihan factory reset di HP Android yang bisa Anda lakukan. Hal yang paling penting adalah Anda tahu resikonya, ya, seluruh data akan hilang termasuk foto, video, nomor kontak, dan lain-lain. Namun, positifnya performa HP Anda akan kembali seperti saat Anda membeli HP baru. Selain itu ketika HP Anda dicuri atau hilang, maka data pribadi yang ada di HP Anda tidak akan ikut dicuri.

best seller lazada
About Author: