7 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik di Android & PC

Dari dulu hingga sekarang animasi memiliki kemenarikan tersendiri dari berbagai sisi. Terlebih bagi orang-orang yang menyukai animasi mulai dari pemula hingga animator seolah tak bisa terlepas dari keseruan dalam membuat animasi. Entah itu untuk di-publish ke berbagai platform atau bekerja sama dengan perusahaan besar yang membutuhkan jasa animasi.

aplikasi pembuat animasi

 

Dan di era digitalisasi yang sangat pesat ini, tahukah kamu bahwa baik di smartphone berbasis Android maupun di PC, aplikasi pembuat animasibisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store ataupun di website resmi aplikasi tersebut. Sebab itulah, untuk kamu yang belum memiliki PC atau laptop, jangan khawatir karena kamu pun bisa berkreasi dengan membuat animasi menggunakan ponsel Android kesayanganmu.

Sementara itu, untuk kamu yang lebih senang membuat animasi di PC, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini yang telah dilengkapi dengan berbagai tools menarik untuk menunjang pembuatan animasi agar jauh lebih menarik. Daripada penasaran, yuk, cek saja langsung sederet penjelasannya di bawah ini!

Lazada Flash Sale hemat 99%

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi di Android

1. Draw Cartoons 2

aplikasi pembuat animasi Draw Cartoons 2

 

Aplikasi pembuat animasi terbaik yang pertama berasal dari developer handal Zalivka Mobile Cartoons yang diberi nama Draw Cartoons 2. Di mana aplikasi ini akan memberikan napas baru bagi para penyuka animasi untuk senantiasa meningkatkan skill-nya. Bagaimana tidak, jika dilihat pada bagian dalamnya, aplikasi yang satu ini memang dilengkapi dengan beragam fitur andalan yang mampu memenuhi kebutuhan banyak orang.

Mulai dari adanya ketersediaan fitur template karakter, memasukkan voice cover beserta musik yang cocok, dan juga kamu pun bisa mengkonversi hasilnya ke format MP4. Semua itu bisa kamu akses secara cuma-cuma atau gratis hanya di aplikasi Draw Cartoons 2 ini. Secara keseluruhan, tak bisa dipungkiri bahwasanya aplikasi ini memang sangat mumpuni dalam membantu pembuatan animasi.

Download Draw Cartoon 2 Di sini

2. FlipaClip: Animasi Kartun

aplikasi pembuat animasi flipa clip

 

Dikemas dengan user interface yang simpel dan elegan merupakan salah satu ciri khas yang melekat erat pada aplikasi FlipaClip: Animasi Kartun. Tak heran rasanya jika banyak orang yang merasa dimanjakan dengan aplikasi pembuat animasi yang satu ini. Kemampuannya dari berbagai sisi tak perlu lagi dipertanyakan.

Kamu bisa membuktikannya sendiri dari adanya fitur untuk membuat sketsa, storyboard, serta animasi unik di dalamnya. Dengan begitu animasi yang kamu buat tentu akan jauh lebih matang dari planning yang sudah kamu buat. Menariknya, tak hanya sampai situ saja, kamu juga memiliki kesempatan sangat luas untuk mengekspor animasi yang telah dibuat ke dalam format GIF atau MP4. Tentu saja kamu bisa langsung membagikannya ke berbagai platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube.

Download FlipaClip: Animasi Kartun Di sini

3. PicsArt Animator

aplikasi pembuat animasi picsart animator

 

Namanya yang telah harum di mana-mana membawa PicsArt Animator menjadi salah satu aplikasi pembuat animasi terbaik yang sedang trend saat ini. Bagaimana tidak, kamu tak hanya akan disambut baik oleh desain antarmuka yang menarik dan elegan, akan tetapi kamu pun akan diberi suguhan terbaik berupa fitur-fitur unggulan di dalamnya.

Beberapa diantaranya seperti fitur menggambar animasi frame by frame dan foto, ribuan stiker guna mempercantik desain animasi, dan juga alat sketsa gambar serta perekam suara untuk mengisi animasi. Sampai di sini saja rasanya masih sangat kurang untuk mendeskripsikan aplikasi pembuat animasi terbaik yang satu ini. Mengapa demikian? Karena kamu pun bisa mengontrol sendiri kecepatan gerak dari animasi yang telah dibuat. Sehingga hasilnya akan jauh lebih maksimal.

Download PicaArt Animator Di sini

4. Toontastic 3D

aplikasi pembuat animasi toontastic 3D

 

Dirilis oleh Google LLC, Toontastic 3D merupakan aplikasi animasi yang memang dikhususkan untuk pengguna smartphone. Di mana jika kamu sudah lama berkecimpung di dunia animasi ini pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Namun, meskipun kamu masih seorang pemula, akan tetapi Toontastic 3D ini sudah pasti akan membantumu untuk menghasilkan animasi yang terbaik.

Sama hal seperti aplikasi lainnya, Toontastic 3D juga dibekali sejumlah fitur unik yang bisa kamu gunakan secara gratis, yakni fitur lengkap dalam membuat animasi mulai dari desain background, dubbing, objek, hingga karakter animasi yang kamu ciptakan bisa berbicara. Bagaimana? Sungguh menarik bukan? Tunggu apa lagi? Download sekarang juga melalui link di bawah ini.

Download Toontastic 3D Di sini

5. Animation Desk

aplikasi pembuat animasi animation desk

 

Rekomendasi aplikasi pembuat animasi terbaik selanjutnya adalah Animation Desk yang terkenal dengan 45 tipe brush yang telah disediakannya. Begitu juga jika kamu ingin melakukan dubbing sendiri terhadap animasi yang telah kamu buat agar terlihat lebih profesional, tentu saja kamu bisa melakukannya secara gratis pada aplikasi ini.

Sedangkan pada bagian kecepatan frame animasi, Animation Desk menyuguhkannya dalam dua versi yang berbeda yakni mulai dari 3fps sampai 24 fps yang bisa kamu atur sesuka hatimu. Dengan demikian, animasi yang kamu buat bisa menghasilkan animasi yang jauh lebih menarik serta terkesan profesional dengan hanya menggunakan aplikasi Animation Desk ini.

Download Animation Deskripsi Di sini

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi di PC

6. Stickman Animation

aplikasi pembuat animasi stickman animation

 

Sementara itu, untuk kamu yang ingin membuat animasi langsung di PC kesayanganmu, maka Stickman Animation merupakan aplikasi pembuat animasi di PC yang wajib kamu coba. Mengapa begitu? Ketahuilah, aplikasi yang satu ini benar-benar dilengkapi dengan berbagai tools yang akan membuatmu berdecak kagum saat melihatnya.

Pada bagian dalam, kamu akan menemukan fitur utama Figure Creation Tools yang berfungsi untuk membuat angka stick dengan menawarkan beberapa alat seperti lines, circle, break joints, arc, merge joints, dan lain-lain. Fitur utama lainnya juga terdapat pada Add frames yang memiliki fungsi untuk menambahkan lebih banyak frame di mana kamu bisa menggambar kembali dalam bentuk gambar stick yang sama dengan sedikit sentuhan variasi untuk membuat frame animasi.

Download Stickman Animation Di sini

7. Pivot

aplikasi pembuat animasi pivot

 

Tidak kalah lengkap dari aplikasi Stickman Animation, Pivot pun dilengkapi dengan berbagai fitur andalannya sendiri. Mulai dari fitur frame yang berguna untuk menambahkan frame kosong baru dan kamu juga bisa menerapkan gerakan yang berbeda dari satu ataupun lebih figur stick.

Tak ketinggalan juga fitur edit figure yang berguna untuk memodifikasi figur stick default atau yang biasa dikenal dnegan membuat gambar stick yang sama sekali dalam keadaan baru dari awal. So, secara keseluruhan aplikasi Pivot ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa kamu temukan di aplikasi pembuat animasi lainnya. Sebab itulah, jangan ragu untuk mendownload-nya.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa rekomendasi aplikasi pembuatan animasi terbaik yang saat ini sedang trend-trend nya. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi di atas baik untuk Android maupun PC sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab, pada dasarnya masing-masing dari aplikasi di atas tentu saja memiliki kelebihannya tersendiri. So, selamat mencoba.

best seller lazada
About Author: