Mengenal Pop Up Smartphone Dan Kegunaannya

Sabineblog.com – Pop up smartphone sering kali didengar tetapi masih banyak juga yang belum memahami secara mendalam. Mengetahui apa itu pop up sangatlah penting untuk menambah wawasan dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Banyak sekali kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari pop up tersebut.

pop up messages pada smartphone

Salah satu kegunaannya yang paling penting adalah bisa memunculkan notifikasi penting untuk keamanan smartphone. Untuk lebih memperjelas kembali, kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai agar mengetahui apa itu pop up dan kegunaanya.

Apa itu Pop Up?

Secara teknis, pop up adalah tampilan mengambang yang berada di atas tampilan utama saat smartphone sedang aktif. Hal ini bisa kamu lihat ketika sedang ada chat masuk melalui WA atau SMS dari operator. Bagian ini tetap bisa masuk meskipun kondisi layar tetap terkunci tetapi smartphone dalam kondisi aktif.

Pop up sebenarnya bukan hanya ada di Android tetapi sudah ada dan digunakan pada PC sejak dahulu. Proses tampilan dari Pop up memang tidak terlihat secara keseluruhan tetapi hanya samar-samar saja. Meski tampilannya hanya seperti itu, pop up memiliki banyak sekali kegunaannya untuk smartphone.

Kegunaan Pop Up

Sekilas Pop up seprti tidak ada gunakan karena tiba-tiba muncul di atas layar dan sering kali dianggap untuk memperindah saja. Padahal, ada beberapa kegunaan pop up yang perlu kamu ketahui lebih jauh dan ini sangat berpengaruh pada kelangsungan smartphone. Berikut beberapa kegunaan dan fungsi dari pop up yang biasanya muncul di smartphone.

Sebagai Notifikasi Penting

Sebagaimana dijelaskan di atas, pop up memang tidak menampilkan layar secara penuh tetapi peranannya cukup penting. Dengan adanya notifikasi yang ada pada layar bisa membuat pengguna bisa melihat informasi sekilas dari pesan yang masuk.

Umumnya, bagian ini akan menampilkan notifikasi ketika ada pesan masuk atau notifikasi perangkat dalam tidak aman. Hal seperti ini sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh karena jika diabaikan bisa fatal akibatnya.

Pop up Menu

Selain untuk notifikasi, pop up juga tampil dalam bentuk menu yang bisa membuat pengguna bisa berinteraksi. Untuk pop up model ini berbeda dengan pop up yang hanya berupa notifikasi saja.

Pop up ini biasanya akan menutupi seluruh bagian smartphone ketika dalam kondisi aktif. Umumnya, pop up tersebut digunakan oleh operator seluler ketika kamu mengakses bagian tertentu. Saat kondisi tersebut, pop up ini akan muncul dan menyuruh kamu untuk mengkses kode tertentu.

Sebagai Alat Promosi

Selain sebagai interaksi dengan pengguna, pop up kerap sekali dijadikan sebagai alat promosi. Hal ini terjadi ketika kamu mengakses situs tertentu dan di dalamnya disisipkan script tertentu. Sehingga, saat situs di akses tiba-tiba muncul informasi yang mempromosikan produk tertentu.

Pop up ini muncul sebagai bagian dari iklan yang nantinya bisa menghasilkan uang bagi pemilik situs. Pop up tersebut juga muncul seperti halnya pop up lain yaitu menutupi seluruh halaman pada smartphone

Itulah beberapa pengenalan pop up smartphone beserta kegunaan dan fungsinya. Hadirnya pop up ini akan memberikan manfaat khususnya ketika ada chat masuk atau notifikasi lain. Di sisi lain, pop up juga dimanfaat untuk ladang menghasilkan uang oleh beberapa orang.

Hal ini karena mereka memanfaatkan peluang dimana bisa berpromosi secara gratis di situs-situs tertentu. Jika halaman ini muncul, kamu bisa menutupnya kembali dan otomatis pop up akan hilang saat mengakses situs tersebut.