Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada, Ini Deretan Aplikasi Berbahaya Pencuri Data

Adanya laporan terbaru yang disampaikan oleh Cyber News tentang pencurian data melalui aplikasi sedang hangat dibicarakan. Pasalnya Cyber News cukup banyak aplikasi terkenal yang menjadi pelaku dari tindak kejahatan tersebut, dan beberapa aplikasi itu terdapat pada Google Play Store. Seperti yang kita ketahui jika Google Play Store adalah sebuah platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, namun sayangnya hal itu tidak dapat menjamin keamanan dari keseluruhan aplikasi. Entah karena lalainya platform tersebut atau tidak merasa bermasalah sekali pun menyediakan berbagai aplikasi yang dapat merugikan pengguna itu sendiri.

Cyber News melaporkan jika beragam aplikasi berbahaya dalam Google Play Store tersebut, memiliki tujuan licik untuk mencuri data penggunanya secara diam diam. Bahkan mengawasi semua gerak gerik penggunanya hingga tindakan asusila yang merugikan. Menurut laporan tersebut, ditemukan sekitar lebih dari tiga puluh aplikasi berbahaya. Lebih menyedihkan lagi, fakta yang didapatkan aplikasi aplikasi tersebut telah didownload oleh kisaran pengguna Android sebanyak 1,4 miliar di seluruh dunia.

apliaksi berbahaya pencuri data


Parahnya beberapa aplikasi tersebut, bukan hanya aplikasi abal abal melainkan juga aplikasi populer yang sering digunakan. Secara keseluruhan, aplikasi berbahaya itu merupakan aplikasi kamera atau pun aplikasi editing foto dan kecantikan. Ditambah sebagian besar aplikasi tersebut didominasi oleh aplikasi China maupun Hong Kong.

Umumnya aplikasi tersebut meminta cukup banyak izin akses perangkat kepada penggunanya, seperti kebebasan untuk melacak lokasi, membaca kontak, mikrofon dan merekam video. Bahkan ditemui satu aplikasi yang meminta empat puluh izin akses kepada penggunanya, cukup aneh bukan. Lebih jahatnya lagi terdapat beberapa aplikasi yang dapat mengaktifkan kamera lalu merekam pergerakan penggunanya untuk konten asusila.

Jika dipikir secara logika, tidak ada hubungan antara izin akses yang diminta dengan aplikasi yang digunakan. Contohnya, akses lokasi atau kontak dalam aplikasi editing foto dan kecantikan. Umumnya aplikasi berbahaya tersebut, selain meminta izin akses juga menggunakan cara menambahkan iklan memenuhi layar atau video latar belakang yang diputar secara sembunyi sembunyi agar pengguna tidak sadar saat diarahkan ke halaman phising atau dicuri datanya saat menggunakan aplikasi itu.

Diketahui pula terdapat beberapa aplikasi yang di dalamnya terdapat malware atau spyware berbahaya yang dijalankan dan dikembangkan oleh suatu grup pengemban, CyberNews telat menemukan sekitar 3 aplikasi yang melakukan tindakan merugikan tersebut. Karena hal itu sangat menguntungkan dan mencetak banyak uang bagi pengembang itu sendiri. Contohnya grup aplikasi asal China berikut KX Camera Team, Coocent, dan Dreams room.

Sedangkan aplikasi populer namun ternyata membanyakan diantaranya, B612, Beauty Camera atau Meitu. Sebuah aplikasi yang diketahui sejauh ini sudah mencapai lebih dari lima ratus juta unduhan dan bermain licik dengan mengendalikan kamera selfie pengguna tanpa sepengetahuan. Selain itu, ada salah satu dari developer yang mencurigakan yakni iJoysoft dan yang terakhir Lyrebird Studio, salah satu pengembang aplikasi Beauty Makeup, Selfie Camera Effects, dan Photo Editor yang dapat melakukan pencurian data atau pun mengirimkan konten pornografi.

Dengan begitu, Cyber News menghina untuk pengguna Android khususnya agar lebih jeli dan berhati hati dalam memilih mau pun menggunakan aplikasi. Cyber News juga menambahkan bagi pengguna yang telah menginstal aplikasi tersebut untuk segera melakukan uninstall dan sebaiknya menggunakan aplikasi yang dapat dipercaya oleh pengguna sosial media secara luas seperti Instagram, Snapchat, hingga Facebook. Berikut deretan aplikasi berbahaya yang harus kamu hindari untuk tidak menginstall dan stop digunakan.

aplikasi berbahaya pencuri data

1. BeautyPlus – Easy Photo Editor & Selfie Camera
2. Beauty Camera – Selfie Camera
3. Beauty Camera Plus – Sweet Camera & Makeup Photo
4. Beauty Camera – Selfie Camera & Photo Editor
5. BeautyCam
6. Beauty Camera – Selfie Camera with Photo Editor
7. Beauty Camera – Best Selfie Camera & Photo Editor
8. B612 – Beauty & Filter Camera
9. Selfie Camera – Beauty Camera & Photo Editor
10. YouCam Perfect – Best Selfie Camera & Photo Editor
11. Sweet Snap – Beauty Selfie Camera & Face Filter
12. Sweet Selfie Snap – Sweet Camera & Beauty Cam Snap
13. Pretty Makeup, Beauty Photo Editor & Selfie Camera
14. Beauty Camera
15. Bestie – Camera360 Beauty Cam
16. Photo Editor – Beauty Camera
17. Beauty Makeup, Selfie Camera Effects & Photo Editor
18. Selfie cam – Bestie Makeup Beauty Camera & Filters
19. Face Makeup Camera & Beauty Photo Makeup Editor
20. Sweet Selfie – Selfie Camera & Makeup Photo Editor
21. Selfie camera – Beauty Camera & Makeup camera
22. YouCam Perfect – Best Photo Editor & Selfie Camera
24. Beauty Camera Makeup Face Selfie, Photo Editor
25. Selfie Camera – Beauty Camera
26. Z Beauty Camera
27. HD Camera Selfie Beauty Camera
28. Candy Camera – selfie, beauty camera & photo editor
29. Makeup Camera – Selfie Beauty Filter Photo Editor
30. Beauty Selfie Plus – Sweet Camera Wonder HD Camera
31. Selfie Camera – Beauty Camera & AR Stickers
32. Meitu
33. KX Camera Team
34. Coocent
35. Dreams room
36. Selfie Camera Effects
37. Photo Editor