Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Yang Bisa Mendukung Kamu Saat "Work From Home (WFH)"

Saat ini dunia sedang dilanda wabah virus Cofid-19 tidak terkecuali di Indonesia. Di tanah air sendiri akhir-akhir ini penyebarannya sudah cukup mengkhawatirkan, untuk mengurangi penyebaran virus yang lebih luas lagi, maka pemerintah menyarankan untuk saat ini semua karyawan yang memungkinkan untuk bisa bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini diharapkan bisa mengurangi penyebaran virus karena interaksi sesama manusia berkurang. Untuk mendukung agar aktivitas WFH kamu berjalan lancar, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

1. Slack

aplikasi slack yang bisa digunakan untuk mendukung saat bekerja dar rumah

Slack adalalah aplikasi yang digunakan untuk berkolaborasi atau komunikasi antar tim. Didalamnya kamu bisa melakukan interaksi seperti chating, melihat proses kerja, mengirim file dokumen dan lain sebagainya. Slack tersedia versi berbayar maupun gratis, tentunya untuk versi gratis akan ada pembatasan beberapa fitur.

2. Zoom Cloud Meetings

zoom cloud meetings aplikasi untuk meeting video confrence saat bekerja dari rumah

Kamu perlu melakukan video confrence sesana rekan kerja dikantor? Zoom Cloud Meeting bisa melakukan hal ini. Aplikasi iini bisa berjalan di desktop maupun mobile. Bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, untuk versi gratisnya bisa digunakan untuk video confrence selama 40 menit dengan jumlan partisipan 100 orang.

3. Google Hangouts dan Meet

Google Hangouts dan Meet aplikasi untuk mendukung kamu saat bekerja dari rumah


Pada mulanya Hangouts memang digunakan hanya untuk layanan pesan instant. Tetapi saat ini kamu sudah bisa menggunakan google hangouts untuk panggilan group video. Google hangouts memberikan kemudahan bagi kamu untuk berpindah kepeserta dan menonaktifkan video maupun audio.

Untuk versi bisnisnya google mengeluarkan Meet yang berbasiskan google hangouts. Meet terintegrasi dengan google kalender dan dengan mudah bisa membagikan tampilan layar apabila membutuhkan  untuk menampilkan hal-hal yang detail pada rekan kerja.

4. Workplace By Facebook

workplace by facebook merupakan apliaski dari facebook untuk sosial media dan kolaborasi kerja saat bekerja dari rumah

Layanan Workplace By Facebook merupakan layanan pesan sekaligus media sosial bagi para professional dan kalangan korporasi. Paltform ini memudahkan kamu untuk berkoordinasi, memonitor karyawan, dan berkitim pesan. Platform ini tidak tersedia versi gratis, kamu bisa menggunakan layanan ini dengan membayar mulai dari 1 USD.

5. Microsoft Teams

Microsoft Teams aplikasi yang bisa membantu saat bekerja dari rumah

Aplikasi ini merupakan saingan dari slack, dengan apliaksi ini kamu bisa berkoordinasi antar anggota dengan menggunakan konfrensi video, menghirimkan pesan instant dan menyediakan ruang penyimpanan, serta kamu bisa melakukan kerja pada file yang sama pada sesama anggota secara realtime.

Aplikasi ini bisa berjalan pada Windoes, Linux dan MacOS. kamu juga bisa menginstallnya versi mobile di Android dan iOS.

6.  Basecamp

aplikasi basecamp bisa membantu anda saat harus bekerja dari rumah

APlikasi ini mirip-mirip dengan slack, hanya fitur yang dimiliki lebih lengkap. Basecamp dapat mengumpulkan seluruh tim didalam satu tempat demi menunjang produktivitas.

Ada fitur untuk memnagikan tugas kepada anggota tim dan kamu bisa memonitoringnya perkembangannya. Untuk versi gratisnya hanya bisa digunakan untuk 3 project, 20 pengguna dan storage 1 GB.

7. Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop aplikasi yang digunakan untuk remote pc kamu saat bekerja remote dari rumah

Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengakses komputer kamu secara remote melalui ponsel, tablet atau komputer lain secara aman. Untuk mengakses komputer kamu secra remote kamu hanya tinggal mengetik alamat url  untuk mengakses ke browser atau juga bisa melalui aplikasi yang kamu instalkan di iOS atau Android.

8. Asana

aplikasi asana yang digunakan saat anda bekerja dari rumah

Asana menawarkan tampilam yang simple dan intuitif. Asana adalah aplikasi berbasis project management tool yang memudahkan kamu untuk mengatur semua aktivitas kerja, deadline dan juga timeline dalam satu tempat.

Bisa diakses melalui moble dan desktop, tersedia versi gratis yang tentunya dengan keterbatasn fitur yang bisa digunakan.

9. Webex

Aplikasi webex digunakan untuk video confrence saat bekerja dari rumah

Webex merupakan aplikasi besutan dari google yang sudah cukup terkenal dikalangan bisnis yang biasa digunakan untuk meeting online. Webex bisa digunakan sebagai alternatif lain apabila kamu enggan menggunakan Zoom dan Hangouts.

Webes tersedia versi gratis untuk 100 orang partisipan, kualitas video HD, screen sharing dan personal room.

10. Daywise

Aplikasi daywise untuk membantu saat bekerja dari rumah

Aplikasi ini berguna untuk memblokir tampilnya notifikasi yang bisa mengganggu saat kamu bekerja. Tetapi kamu bisa menjadwalkan kapan notifikasi itu bisa muncul pada layar ponsel kamu. Aplikasi ini hanya tersedia versi android saja.