Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

Pencurian Data Ponsel Android

Ponsel android atau handphone merupakan barang berharga yang harus diperhatikan tingkat keamanannya. Disebut berharga, karena ini bukan tentang harga handphone tersebut melainkan data pribadi yang tersimpan di dalamnya. Banyaknya kasus pencurian data ponsel android membuat kita harus lebih waspada dan mencari tahu bagaimana cara mencegahnya.

Tips dan Trik Tutorial Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

Kasus pencurian data dari ponsel pribadi ditemukan berasal dari aplikasi yang diunduh pengguna. Setidaknya berdasarkan penelitian ada sekitar 1000 lebih aplikasi yang melanggar aturan dan terbukti diam-diam mencuri data pribadi mereka. Nah, sebelum Anda mengalami hal serupa, ada baiknya perhatikan tips berikut.

1. Aktifkan Mode Kehilangan dan Android Device Manager

Mode kehilangan dan android devide manager ini adalah fitur yang dapat Anda aktifkan untuk mencegah terjadinya pencurian data ponsel android. Dengan mengaktikan mode kehilangan Anda dapat mengamankan ponsel dari jarak jauh dan melakukan blocking pada pencuri yang mau mengambil data pribadi Anda. Hal ini bisa dilakukan apabila ponsel Anda memang sedang dicuri oleh orang lain. 

Begitupula dengan mengaktifkan android device manager, Anda bisa mengetahui di mana keberadaan lokasi dari ponsel Anda yang hilang tersebut. Namun, apabila pencurian data ponsel dilakukan oleh aplikasi yang sedang Anda unduh, maka tips selanjutnya bisa jadi solusinya.

2. Selalu Perhatikan Izin Aplikasi

Sebelum melakukan pengunduhan apk, ada baik Anda memperhatikan izin apk. Dengan memperhatikan izin apk,  pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi jahat dapat dicegah.  Waspadalah, apabila Anda menemukan kejanggalan ketika hendak mengunduh aplikasi. Ada baiknya batalkan saja aplikasi tersebut dan cari aplikasi lain yang sejenis.

Namun, apabila Anda memang sangat membutuhkan apk tersebut, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu. Anda bisa melakukan riset di mesin pencarian google tentang aplikasi dan perusahaan yang membuat apk tersebut. Dengan begitu Anda akan tahu apakah apk tersebut kredibel dan tidak pernah terlibat kasus pencurian data atau scamming.

3. Unduh Apk Hanya dari  Google Playstore atau AppStore

Hindari mendownload apk di website, ada baiknya jika Anda menemukan apk di website yang hendak Anda unduh, keluarlah terlebih dahulu dari website tersebut. Lalu cari aplikasinya di google store atau app store, lakukan pengunduhan apk dari sana saja. 

Walau memang tidak semua apk yang tersedia di sana dapat dipercaya 100%, namun itu masih bisa lebih baik. Karena menurut Stephen Hart, aplikasi yang tersedia di platform tersebut akan diperiksa kualitas dan standarnya. Hal ini untuk memastikan mereka menerapkan kebijakan khusus untuk melindungi data konsumen.

Selain itu, pengunduhan apk yang berasal dari website dapat beresiko terinfeksinya perangkat ponsel Anda dengan virus, ransonware, malware, apyware atau bahkan peretas yang bisa saja melakukan pencurian data ponsel android Anda.

4. Perbarui Selalu Perangkat Lunak 

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan data ponsel Anda. Dengan melakukan update secara berkala, dapat membuat software Anda selangkah lebih maju dari pada yang mungkin dimiliki peretas yang ingin mencuri data pribadi Anda. Jika diperlukan Anda bisa mengubahpengaturan yang ada di perangkat ponsel Anda menjadi update otomatis.

5. Waspada Bila Memakai WiFi Publik

Jika Anda sering memanfaat wifi gratis yang ada di ruang publik saat berada di luar rumah, Anda perlu mewaspadai satu hal.Yaitu hindari segala bentuk transaksi atau komunikasi penting, karena bisa saja ponsel Anda kena tracking oleh penguna wifi yang satu jaringan dengan Anda. Inilah yang menyebabkan pencurian data ponsel android kerap kali terjadi tanpa Anda sadari. 

Demikian 5 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian data ponsel android terjadi pada Anda. Tetaplah waspada dan berhati-hati dimanapun Anda berada.