Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Windows Key yang Perlu Anda Ketahui

Sabineblog.com - Windows key merupakan tombol yang banyak digunakan dengan cara menekan tombol windows di bagian bawah keyboard. Ada banyak sekali fungsi windows key yang harus Anda ketahui agar bisa jadi jalan pintas untuk masuk halaman tertentu.

fungsi kombinasi tombol windows key

Mudahnya, Anda hanya perlu menekan keyboard berlogo windows dan huruf tertentu untuk masuk ke halaman yang diinginkan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi memegang mouse untuk mencari atau masuk ke halaman yang ada di windows.

Membuka Pengaturan

Untuk membuka pengaturan secara manual, Anda harus masuk ke menu start, lalu ke control panel. Pada tampilan tersebut, Anda bisa akan ditampilkan berbagai pengaturan mulai dari menambah user, setting Wifi, dll.

Cara di atas tergolong lama dan bisa dipercepat dengan menggunakan fungsi windows dengan menekan windows key +I. Dengan fungsi di atas, Anda akan di arahkan ke menu pengaturan seperti di atas.

File Explorer

Hampir setiap orang pasti tidak ada yang tidak butuh untuk bisa masuk ke file explorer secara cepat. Fungsi satu ini banyak dilakukan oleh setiap pengguna setiap kali akan membuka file pada laptop atau PC.

Untuk membuka secara cepat, Anda bisa menekan windows key + E. Setelah ditekan, Anda akan langsung diarahkan ke file explorer untuk membuka file. Cara seperti itu lebih cepat daripada menggunakan mouse dan menekan file eksplorer di bagian bawah layar.

Screenshot

Melakukan screenshot pada layar perangkat juga kerap sekali dilakukan oleh pengguna dan menyimpannya di laptop. Jika dilakukan secara manual, Anda harus masuk ke menu tertentu dan butuh waktu untuk bisa melakukannya.

Tetapi dengan fungsi windows, Anda bisa melakukan screenshot di layar dengan menakan windows key + PrtSc. Tombol PrtSC bisa Anda temukan di sebelah kanan pada keybord bawaan laptop.

Panel Emoji

Emoji merupakan fitur penting yang sering digunakan saat Anda sedang melakukan komunikasi via teks dengan orang lain. Ada banyak sekali panel emoji yang bisa dipilih pada saat berkomunikasi via teks mulai tersenyum, minta maaf, dll.

Untuk mempercepat ke panel emoji, Anda bisa menekan windows key + (.). Bentuk emoji pada komputer atau laptop ini sama hal dengan emoji yang biasanya ada pada keyboard smartphone.

Sistem Properties

Sistem properties pada perangkat lunak biasanya berisi informasi yang sangat detail terkait spesifikasi laptop atau PC. Berbagai informasi bisa berupa prosesor, RAM, dan nama komputer, dan berbagai informasi lainnya.

Cara manual untuk masuk ke sistem ini dapat dilakukan dengan masuk ke start lalu pilih control panel. Sedangkan untuk cara otomatis dengan fungsi windows bisa dilakukan dengan menekan windows + pause.

Minimize Halaman

Aktivitas meminimaze atau mengecilkan suatu halaman memang sering kali dilakukan oleh pengguna laptop. Namun, cara yang sering dilakukan adalah dengan cara manual yang membutuhkan waktu cukup lama.

Cara manual umumnya dilakukan dengan menekan tAnda tAnda (-) pada halaman yang akan dikecilkan. Tetap untuk cara menggunakan fungsi windows bisa dilakukan dengan menekan windows +M.

Itulah beberapa fungsi windows key yang perlu Anda ketahui agar memudahkan dan mempercepat pekerjaan. Dengan sekali tekan saja, Anda akan diarahkan ke halaman yang diinginkan.

Berbeda halnya dengan cara manual dimana Anda harus mengarahkan kursor lalu menekan halaman yang dituju. Dari sekian banyak fungsi yang paling banyak dilakukan adalah membuka file ekplorer dan meminize halaman.