Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Filter Instagram di HP dengan Mudah

Cara Membuat Filter InstagramJika kamu merupakan pengguna Instagram sejati sudah pasti tidak asing lagi saat mendengar nama filter Instagram. Pasalnya, saat ini kamu pasti sudah tahu akan banyaknya filter Instagram yang dikemas dengan sangat menarik dan aesthetic.

cara membuat filter instagram

Tidak hanya atau dua, akan tetapi setiap harinya semakin banyak bertambah filter Instagram yang mengusung konsep sangat kekinian. Dan jika kamu bertanya-tanya seperti apa cara membuat filter Instagram di HP dengan mudah, maka caranya sangat gampang.

Tidak perlu membuang waktu lama-lama, kamu bisa membuat filter Instagram sesuka hatimu dengan mengikuti beberapa langkah mudahnya di bawah ini.

1. Kunjungi situs Spark AR Studio

Spark AR Studio merupakan salah satu platform yang khusus digunakan untuk membuat filter maupun efek sesuai dengan kreasimu sendiri. Di mana platform ini bisa digunakan melalui Android, Mac, dan Windows.

Disebabkan saat ini versi aplikasinya sedang mengalami pengembangan untuk pembaharuan fitur dan segala hal lainnya agar lebih optimal, maka kamu bisa mengunjungi situsnya di sini Spark AR Studio

2. Tentukan filter yang akan dibuat

Pada beranda utama, kamu bisa mengikuti tutorial di bagian 'Pusat Pembelajaran'. Tak lupa, kamu juga bisa membuat filter Instagram dari awal atau hanya memilih salah satu dari jumlah delapan kerangka yang telah disediakan.

3. Mulailah dan pilih aset 3D yang sudah kamu sediakan

Jika kamu melihat objek placeholder pada panel bagian tengah sesaat setelah membuka template, maka di bagian inilah kamu akan membuat filter menarik dan aesthetic sesuai seleramu.

Mulailah dan pilih aset 3D untuk filtermu yang disediakan oleh AR Library atau kamu juga bisa memilih opsi lain dengan mengunggah aset 3D yang telah kamu siapkan sebelumnya yang tentunya sesuai dengan keinginanmu.

4. Edit tampilan grafik yang telah diunggah

Nah, di tahap ini kamu bisa menggunakan panel Scene, bergerak, edit tampilan, serta interaksi dengan dunia nyata berkat aset yang telah diunggah. Di mana proses edit ini akan menghasilkan berupa filter AR kustom yang kamu inginkan.

5. Lakukan test pada filter yang kamu buat

Setelah selesai dibuat, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengirim file pengujian ke Instagram maupun Facebook guna melihat bagaimana cara kerjanya di Instagram stories ataupun Facebook stories. Agar proses test filter bekerja secara optimal, kamu disarankan untuk mendownload aplikasi Spark AR nya secara langsung di Play Store.

6. Publikasikan filter yang sudah diedit dengan rapi

Jika kamu merasa semuanya sudah pas dan cocok, langkah terakhir tekan saja tombol 'Unggah' yang berada di pojok kiri bawah sekaligus tepat di bawah tombol 'Test on device'.

Selepas mempublikasikan filter buatanmu, maka filter tersebut tidak bisa langsung dilihat di Instagram, sebab Spark AR akan melakukan masa peninjauan terlebih dahulu selama beberapa hari, bahkan hingga seminggu lamanya. Masa peninjauan ini untuk memastikan apakah filter yang dibuat sejalan dengan pedoman Spark AR atau justru sebaliknya.

Kamu hanya perlu menunggu masa peninjauan tersebut dengan harapan semoga filter yang kamu buat di-approve dan bisa digunakan oleh banyak orang. Sekalipun tidak di-approve, kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mencobanya lagi.

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai beberapa cara membuat filter Instagram dengan mudah. Kamu hanya cukup mendownload aplikasi Spark AR atau mengunjungi situsnya dengan mengikuti beberapa langkah di atas. Selamat mencoba.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.